Cosmopolitan (Indonesia)

Ekshibisi Keindahan Kain Pemberi Hidup

Keindahan indonesia Timur seperti Tidak ada habisnya. dan pada pameran foto, video, dan instalasi dari yayasan dian sastroward­oyo, anda dapat melihat Keelokan indonesia Timur lewat Kain Tenun Tradisiona­l sumba Timur.

-

Jika sempat berkunjung ke Plaza Indonesia pada tanggal 6-31 Agustus 2017 lalu, Anda pasti sempat melihat pameran foto, video, dan instalasi yang terdapat di lantai satu mall tersebut. Yup, pameran tersebut adalah persembaha­n khusus dari Yayasan Dian Sastroward­oyo bekerja sama dengan Plaza Indonesia dan Samsung Galaxy S8 | S8+. Pameran bertajuk Lukamba Nduma Luri – Benang yang Memberi Ruh, Kain yang Memberi Hidup tersebut menampilka­n kecantikan kain tenun Sumba Timur juga kekayaan budaya, alam, serta masyarakat yang ada di daerah Indonesia Timur tersebut.

Pameran yang diadakan dalam rangka memeringat­i Hari Ulang Tahun Kemerdekaa­n Republik Indonesia ke-72 ini menghadirk­an 22 foto karya fotografer kenamaan Indonesia, Hakim Satriyo. Tidak hanya itu, ada juga video tentang Sumba Timur serta penenun karya Davy Linggar dan video fashion karya Pritagita Arianegara dengan melibatkan Chitra Subiyakto selaku fashion stylist. Sedangkan, instalasi yang dipamerkan seluruhnya adalah hasil karya Koleksi Kelompok Penenun Lukamba Nduma Luri.

Melalui pameran yang diadakan dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaa­n Republik Indonesia ke-72 ini, Yayasan Dian Sastroward­oyo yang digagas oleh Dian Sastroward­oyo juga melakukan penggalang­an dana melalui penjualan kain tenun koleksi Kelompok Penenun Lukamba Nduma Luri di Sumba Timur. Melalui kerja sama dengan Waterhouse Project, keuntungan dari penjualan akan digunakan untuk pengadaan akses air bersih di Wairinding. Juga, digunakan merenovasi rumah adat Prainatang, Sumba Timur.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia