Good Day Guaranteed

Siapa bilang hari yang menyenangkan cuma terjadi waktu liburan di pantai eksotis? Lewat cara ini, Anda bisa mendapatkan good day... everyday!

Cosmopolitan (Indonesia) - - CONTENTS -

Tidak kena macet saat pergi ke kantor. Bertemu dengan pria incaran di lift. Si bos tiba-tiba memberikan makan siang gratis. Iya sih ini bikin hati senang... Namun, bukan berarti Anda harus selalu bergantung pada orang lain untuk merasa bahagia. Ada lho caranya untuk memegang “kendali”. Read on, ladies!

Awake To Coldplay

Biarkan suara merdu Chris Martin membangunkan Anda. Yup, musik sudah terbukti dapat mengusir rasa kantuk. Dan menurut music psychologist, David M Greenberg, lagu Viva La Vida adalah soundtrack yang sempurna. Ini berkat nada yang “membangkitkan” semangat, lirik positif, serta tempo yang kuat antara 100 sampai 130 bpm. Kalau bosan, bisa juga mendengarkan lagu Rather Be yang dilantunkan Clean Bandit.

Stretch Out

Kalau ingin lebih relaks, coba lakukan yoga. Berdasarkan studi Indian Journal Of Psychiatry, mereka yang rutin melakukan yoga memiliki level kortisol aka hormon stres yang lebih rendah. Pose yoga yang cocok di pagi hari? Child’s pose. Gerakan ini bisa bikin tenang!

Buat To-do List

Ini seharusnya jadi hal pertama yang Anda lakukan ketika sampai di kantor. Sebuah studi pada mereka yang telah memiliki kebiasaan ini selama 35 tahun menemukan, Anda akan bekerja 15% lebih fokus setelah memiliki goal. Saran Cosmo, buat to-do list beserta reward-nya. Pasti jadi lebih semangat deh!

Istirahat Sejenak

Kabar baik, istirahat sejenak di pagi hari bisa bikin Anda lebih produktif di sore hari. Itulah yang ditemukan para peneliti di Baylor Univeristy. Kabar baik lagi, kalau istirahat sambil makan dark chocolate, kemampuan memori serta si hormon “bahagia” endorfin akan meningkat. Yeay!

Yuk, Kerja Lagi!

Eits, jangan terlalu lama santai-santainya. Tujuh belas menit saja sudah cukup, kok. Studi dari University of Toronto menemukan karyawan yang paling produktif adalah mereka yang beristirahat dan tidak melihat layar selama 17 menit setelah bekerja selama 52 menit.

Work It Out

Ada meeting penting di sore hari? Kalau begitu sempatkan melakukan olahraga di kantor. Bristol University menemukan, mereka yang berolahraga di tengah jam kerja memiliki daya konsentrasi yang lebih baik. Sedangkan, John Ratey penulis Spark: The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain mengatakan, olahraga 20 menit bisa meningkatkan performa kerja. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup olahraga ringan seperti jumping jack sudah cukup, kok.

Ngopi Sore

Yes darling, peneliti ternyata menyarankan Anda untuk minum kopi di sore hari, terutama minum mocha. Studi terbaru dari Clarkson University mengungkapkan, kombinasi kopi dan cokelat dapat membantu Anda lebih fokus. Kopi juga jadi pilihan tepat untuk meningkatkan performa saat meeting penting. Sebaiknya minum 20 menit sebelumnya, karena kafein butuh waktu untuk bekerja.

Cari Ide

Okay, ini memang waktu kritis di mana Anda sudah ingin buruburu pulang. Namun peneliti menemukan kalau kondisi ini justru bikin Anda mampu melahirkan ide-ide gila. Mereka yang sudah tidak fokus lebih baik dalam memahami sebuah tugas dan memiliki ide random untuk menyelesaikan tugas.

Time to Sign Out

Faktanya, orang membalas e-mail lebih singkat pada jam ini. Lagi pula, studi pada 500,000 e-mail menunjukkan kalau e-mail lebih mungkin dibalas di pagi hari. Lebih baik simpan untuk hari esok, ladies.■

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.