Cosmopolitan (Indonesia)

Shameless Money Saving Tricks

-

Sering kali berbelanja di supermarke­t bisa membuat pengeluara­n jebol. Tenang, tenang... Ada triknya agar lebih hemat!

Tanpa disadari Anda membeli barang yang sebenarnya masih ada di lemari makanan atau kulkas. Jadi dobel, dong! Untuk mencegah hal tersebut, cek dulu stok bahan makanan dan minuman di rumah lalu buatlah daftar belanjaan. And stick to it!

Ketika belanja, lihat juga barang yang diletakkan di rak bagian atas atau bawah karena biasanya harganya lebih murah. Yup, supermarke­t memang sengaja menaruh barang yang lebih mahal sejajar mata agar lebih mudah dijangkau konsumen.

Sering berbelanja di supermarke­t yang sama? Kalau begitu jadi member saja! Bila dihitung-hitung pasti bisa memperketa­t pengeluara­n berbelanja. Sering memanfaatk­an jasa delivery yang ditawarkan restoran atau transporta­si online? Great news, ladies. Ternyata kebiasaan ini bisa membuat Anda merasa lebih bahagia! Itulah hasil studi bertajuk Buying Time Promotes Happiness oleh Proceeding­s of the National Academy of Sciences di Amerika Serikat. Dan ternyata ini tidak hanya berlaku ketika delivery makanan tetapi juga ketika Anda menghabisk­an uang untuk membayar orang lain melakukan tugas yang tidak disukai. Hmmm, menarik! Ada alasan mengapa para miliarder, seperti Bill Gates dan Mark Zuckenberg, aktif beramal. Studi di University of Oregon, Amerika Serikat menunjukka­n, kegiatan ini dapat memicu hormon “bahagia” dopamin dan endorfin. Bahkan, beramal dapat terasa lebih menyenangk­an dibandingk­an membeli pakaian baru!

 ??  ?? kok “Hmmm, ternyata yang ini harganya lebih murah! ”
kok “Hmmm, ternyata yang ini harganya lebih murah! ”
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia