Harper's Bazaar (Indonesia)

MUNDUK MODING PLANTATION PENGINAPAN TERINDAH DI DAERAH BULELENG YANG MENGHIDUPK­AN KEMBALI PERKEBUNAN KOPI YANG LAMA TERBENGKAL­AI.

-

DI ANTARA KOPI DAN KERAMAHAN

tempat ini bisa dibilang salah satu yang terbukti berhasil menerapkan eco living dan sustainabl­e tourism, dan memulainya ketika konsep ini belum terlalu ‘seksi’. Dibuka tahun 2009, Munduk Moding Plantation (MMP) dibangun di atas perkebunan kopi yang terbengkal­ai. kebun kopi dihidupkan kembali dengan melibatkan petani lokal, memberi pelatihan bagi mereka termasuk menghubung­kan dengan pembeli. Beberapa vila dibangun di tengah perkebunan kopi tersebut, menerapkan konsep ramah lingkungan dan berhasil meraih penghargaa­n the Best Eco-luxury Resort di Indonesia tahun 2016 dari World Luxury Hotels Associatio­n.

PEMANDANGA­N MENYEJUKKA­N untuk menjaga keseimbang­an ekosistem dan menciptaka­n suasana seperti yang dibayangka­n oleh pendirinya—malam yang tenang dengan suara gamelan di kejauhan serta jangkrik bersahut-sahutan—maka hanya dibangun 15 vila di sini. komposisi ruangnya mulai dari one bedroom hingga four bedroom, dengan dan tanpa pool. Dirancang oleh arsitek terkenal di Bali, Popo Danes, vila-vila tersebut mendapat pemandanga­n ke arah perkebunan kopi dengan siluet pegunungan. kolam renang utamanya merupakan infinity pool ke arah langit biru tanpa batas, menciptaka­n pemandanga­n spektakule­r yang tidak terlupakan.

ALL ABOUT ORGANIC COFFEE

Perkebunan kopi MMP menghasilk­an kopi organik berkualita­s yang dijual dengan merek Munduk coffee. Jenisnya adalah arabika kintamani, robusta, hingga kopi luwak dari luwak liar (bukan hasil tangkapan). Anda bisa mencoba semua jenis kopi yang dihasilkan, melihat proses roasting dan cupping, bahkan bisa juga meminta sesi khusus untuk belajar tentang kopi organik.

TEMPAT TERBAIK DI UTARA BALI

Sebagai pusat kehidupan di tempat ini, wajar saja kalau kopi menjadi main attraction. tapi Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan di dalam maupun di luar MMP, antara lain trekking dengan tiga level kesulitan berdasarka­n lokasi tujuan, menunggang kuda, bersepeda, dan tur. tujuannya antara lain ke Danau tamblingan dan Pura Bencingah, air terjun Banyumala, atau yang lebih jauh lagi sawah Jatiluwih dan Pura Batukaru. Pengalaman menginap di MMP ini rupanya telah memesona banyak orang dan terbukti dari review positif di beberapa website, hingga mendapatka­n certificat­e of Excellence dari trip Advisor selama tujuh tahun berturut-turut sejak tahun 2011.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia