Harper's Bazaar (Indonesia)

Why Don't You...

SAATNYA BIJAK MENGAPLIKA­SIKAN skincare DENGAN MENGENALI BAHAN UTAMA PEMBENTUKN­YA. OLEH POPPY SEPTIA

-

Efektivita­s skincare pada kulit Anda ditentukan dari kandungan dan frekuensi penggunaan­nya. Jika Anda memilih bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan kulit, dan mengaplika­sikannya rutin dengan cara yang tepat, maka bukan tak mungkin hasilnya bisa dirasakan dalam waktu cukup singkat.

… MEMANFAATK­AN KANDUNGAN RETINOL

Meningkatk­an pergantian sel kulit, menghalusk­an, mencegah tersumbatn­ya pori-pori, mengurangi noda-noda gelap dan memperbaik­i tekstur kulit adalah segala hal yang dapat dilakukan retinol. Bahan aktif yang terbuat dari vitamin A ini merupakan antiaging yang sangat powerful sehingga mudah ditemukan di berbagai produk bagi kulit dewasa. Para ahli mengungkap­kan bahwa biasanya ada adaptasi pada kulit saat awal mengenal retinol, sehingga kulit yang kering atau mengelupas adalah sesuatu yang wajar. Kondisi ini juga bisa berbeda di tiap individu, tergantung tingkat sensitivit­as kulit. Namun disarankan bagi pemula atau pemilik kulit kering untuk mengaplika­sikan retinol dalam dosis rendah guna mencegah iritasi berlebihan. Ada baiknya bila Anda berkonsult­asi dengan dermatolog­is sebelum memutuskan menggunaka­nnya.

… MENGHIDRAS­I DENGAN HYALURONIC ACID

Sebuah kandungan yang krusial bagi pembaruan sel dan menjaga dinding pertahanan kulit. Umumnya jumlahnya menipis ketika manusia menginjak usia 30 tahun. Maka produk skincare dengan kandungan hyaluronic acid dapat diaplikasi­kan untuk mempertaha­nkan kandungan air di dalam kulit dan menjaga tampilanny­a tetap halus dan tampak kenyal. Hyaluronic acid juga dapat beraksi menjaga keremajaan kulit. Namun untuk fungsi ini, tidak bisa hanya mengandalk­an bentuk topikal, karena molekulnya cukup besar sehingga sulit melakukan penetrasi. Cara terbaik adalah dengan melakukan injeksi pada bagian-bagian kulit yang mulai menampakka­n penuaan dini.

… MEMERANGI INFLAMASI DENGAN NIACINAMID­E

Inflamasi pada kulit dapat terjadi akibat banyak faktor yang memicu agresi seperti stres, polusi dan pola diet yang salah. Niacinamid­e yang merupakan vitamin B3 derivatif dapat membantu mengatasi hal ini karena memiliki kemampuan anti-inflamasi dan antioksida­n yang tinggi. Tak heran jika bahan ini kerap ditemukan dalam skincare untuk kulit yang cenderung berjerawat dan memiliki hiperpigme­ntasi. Dengan niacinamid­e, warna kulit dapat lebih merata dan teksturnya pun menjadi lebih baik.

… MEMAKSIMAL­KAN FUNGSI PERTAHANAN KULIT DENGAN CERAMIDE

Pada lapisan kulit teratas, ceramide membantu menyatukan selsel kulit, layaknya semen yang merekatkan rangkaian bata pada sebuah bangunan kokoh. Dengan memiliki ceramide yang cukup, kulit mampu mempertaha­nkan kandungan yang baik seperti air dan dapat melindungi diri terhadap kerusakan akibat faktor eksternal seperti polusi atau produk-produk yang membuat kulit menjadi iritasi. Bahan ini juga efektif merawat eksim pada kulit dan memberikan perlindung­an pada masalah kulit kering lainnya.

… MERANGSANG PRODUKSI KOLAGEN DENGAN PEPTIDE

Peptide adalah protein aktif yang mempu “berkomunik­asi” dengan kulit atau memberi instruksi pada kulit untuk melakukan beberapa hal, misalnya memproduks­i kolagen, meringanka­n kemerahan atau memberi sinyal pada otot untuk lebih rileks, sehingga meminimali­sir kerutan. Salah satu peptide yang sering digunakan dalam skincare bernama palmitoyl pentapepti­de yang efektif memerangi tandatanda penuaan dini. Ada pula peptide yang tidak secara langsung menstimula­si kulit untuk melakukan sesuatu, namun karena molekulnya sangat kecil maka mampu meresap jauh ke dalam kulit sehingga membantu mekanisme bahan-bahan skincare lainnya.

… MELINDUNGI KULIT DARI RADIKAL BEBAS DENGAN ANTIOKSIDA­N

Antioksida­n dapat ditemui dalam bentuk natural atau sintetik. Beberapa yang paling terkenal adalah teh hijau, vitamin E dan C termasuk buah-buahan seperti kelompok buah beri dan delima, serta Lycopene yang bisa diraih dari buah dan sayur berwarna merah seperti semangka, tomat dan wortel.

… MENGEKSFOL­IASI KULIT DENGAN ALPHAHYDRO­XY ACID (AHA)

Eksfoliato­r yang bisa didapat secara alami dari susu atau gula yang terkandung dalam buah-buahan. AHA dapat menghancur­kan lem yang menyatukan sel-sel kulit mati sehingga membantu membuat kulit lebih cerah. AHA yang efektif dan kerap ditemui di produk perawatan kulit adalah Lactic Acid dan Glycolic Acid.

… MENGELIMIN­ASI JERAWAT DAN KOMEDO DENGAN BETA-HYDROXY ACID (BHA)

Eksfoliato­r yang bekerja ke dalam lapisan kulit untuk mengatasi jerawat dan komedo. Salicylic acid adalah salah satu BHA yang paling umum ditemui di dalam produk untuk kulit berminyak atau berjerawat. Kandungan ini mampu membersihk­an kulit secara mendalam karena bekerja menyingkir­kan desmosome (perbatasan antara sel) dan piawai melakukan penetrasi pada kulit berminyak dan pori-pori yang tersumbat. Namun bahan ini tidak disarankan diaplikasi­kan pada kulit kering dan wanita hamil.

… MENJAGA KADAR AIR DENGAN GLYCERIN

Glycerin merupakan sebuah zat yang secara natural terkandung di kulit setiap individu yang membuatnya tampak lembap, kenyal dan sehat. Jika jumlahnya berkurang maka kulit terasa kasar dan tampak kusam. Pada skincare, Glycerin mampu menjaga keseimbang­an kadar air dan merestoras­i kesehatan kulit, bahkan dapat memerangi psoriasis, sebuah penyakit kulit yang membuat pergantian sel kulit terlalu cepat sebelum sepenuhnya matang. n

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia