Herworld (Indonesia)

MITOS ATAU FAKTA?

Mari mengulik informasi seputar kecantikan yang kerap Anda dengar!

- OLEH AMALTA R. DYANDRA

Informasi seputar kecantikan yang perlu diulik kepastiann­ya.

Gempuran informasi seputar kecantikan kadang membuat kita sulit menyortir mana yang benar atau hanya mitos belaka. Simak delapan mitos dan fakta berikut agar keraguan Anda sirna.

Fakta

Pasta gigi dapat menghilang­kan jerawat. Penjelasan

Pasta gigi mengandung zinc yang memiliki efek anti-inflamasi sehingga mampu meredakan peradangan. Namun beberapa dari pasta gigi mengandung menthol dan fluor yang menyebabka­n kulit iritasi, sehingga langkah ini tidak cocok untuk pemilik kulit sensitif.

Mitos

Mencukur dapat membuat rambut tumbuh lebih tebal

Penjelasan

Rambut memang lebih tebal di akar dan ketika dicukur, akar tersebutla­h yang tersisa sehingga membuatnya terlihat tebal. Nyatanya, kegiatan satu ini tidak mengubah kepadatan rambut.

Fakta

Gonta-ganti sampo baik untuk kesehatan rambut. Penjelasan

Setiap sampo memiliki kandungan zat yang berbeda-beda, sedangkan rambut setiap orang juga memiliki kemampuan tersendiri dalam penyerapan­nya. Jika selalu menggunaka­n sampo yang sama, kandungan zat tersebut akan menumpuk pada rambut sehingga terjadi kerusakan. Namun semua kembali pada kondisi ketahanan kulit kepala dan rambut Anda.

Mitos

Rutin mengenakan makeup dapat membuat kulit berjerawat.

Penjelasan

Penggunaan makeup setiap hari tidak memengaruh­i kondisi kulit. Penyebab utama munculnya jerawat adalah pembersiha­n wajah untuk menghapus riasan kurang maksimal dan tidak konsisten. Pastikan untuk membersihk­an riasan dengan produk yang mampu mengangkat­nya secara optimal seperti cleansing oil atau micellar water yang tidak meninggalk­an residu.

Fakta

Cat kuku dapat membuat kuku menjadi kuning.

Penjelasan

Ya, kuku juga memiliki pori-pori dan dapat menyerap pigmen warna cat kuku. Semakin banyak pigmen yang terkandung pada kuteks, terutama warna merah, maka peluang terjadinya perubahan warna kuning pada kuku akan semakin besar. Hal ini menjelaska­n betapa pentingnya menggunaka­n base coat sebelum mengaplika­sikan kuteks agar kuku terlindung­i.

Mitos

Produk kecantikan bahan alami tidak membuat kulit iritasi dibandingk­an bahan kimia.

Penjelasan

Beberapa produk yang terbuat dari bahan alami cukup tricky untuk pemilik kulit sensitif. Contohnya, minyak esensial peppermint, ginger, cinnamon, dan tea tree dapat menyebabka­n iritasi pada kulit wajah. Carilah produk dengan ekstrak alami yang tinggi.

Fakta

Memompa sikat maskara membuat pengaplika­sian kurang maksimal.

Penjelasan

Saat memompa sikat maskara, udara yang masuk ke dalam tabung akan lebih banyak dan membuatnya cepat kering. Tip agar sikat mengambil banyak produk, buka maskara lalu putar tongkatnya dengan gerakan sedikit mencungkil untuk mengambil lebih banyak produk sehingga bulu mata langsung lentik dalam satu sapuan.

Mitos

Varises bisa muncul jika kerap menyilangk­an kaki.

Penjelasan

Pembuluh darah yang muncul ke permukaan biasa terjadi jika seseorang memiliki kelainan genetik atau memiliki kegiatan yang mengharusk­an berdiri. Posisi berdiri membuat jaringan vaskular bekerja lebih ekstra untuk memompa darah dari bagian kaki ke jantung sehingga varises muncul.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia