Herworld (Indonesia)

WHITE AESTHETIC

Simpel, minimalis, dominasi warna putih menjadi pilihan social media influencer, Olivia Lazuardy, dalam menata hunian pertamanya.

- OLEH KIKI RIAMA PRISKILA

Mengintip rumah serba putih yang elegan milik Olivia Lazuardy.

The Theme Konsep “Scandinavi­an” tengah menjadi tren interior beberapa tahun ini, terutama bagi anak-anak muda. Konsep ini pula yang dipilih oleh Olivia dan sang suami, Kalvin, untuk rumah tinggalnya. Sebuah tema yang tampaknya sesuai dengan karakter pasangan muda ini. Olivia mengaku bahwa mereka ingin memiliki tempat tinggal yang nyaman, minimalis, namun tetap memiliki kesan modern yang “clean”.

Sentuhan marble dan kombinasi doff dan gloss yang seimbang menjadi bagian penting dalam tampilan rumah Olivia. Selain penggunaan bahan, tata pencahayaa­n juga memegang peranan krusial. Keduanya merasa bahwa arah dan warna lampu bisa memberikan ambiance yang berbeda. Mungkin Anda berpikir bahwa Olivia dan Kalvin berprofesi sebagai desainer interior di waktu senggang? Nyatanya tidak! Lalu, dari mana inspirasi tema dan desain ini didapatkan? “Sejujurnya kami berdua kurang memahami interior desain, namun berkat bantuan Pinterest dan jasa interior desainer, semuanya bisa menjadi kesatuan yang apik,” ungkap Olivia.

The Colour

Setiap area memiliki konsep uniknya masingmasi­ng. Meski begitu, hunian ini memiliki palet warna cantik yang didominasi oleh warna putih, cokelat muda, dan abu-abu. Selain warna yang simpel, aplikasi sekat yang minimal membuat area hunian terasa lebih luas. Ruang makan yang menyambung ke ruang keluarga menggunaka­n warna putih dari material marble yang dikombinas­ikan dengan sedikit warna cokelat. “Sepertinya konsep yang tepat menggambar­kan area makan adalah clean dan lux,” jelas Olivia.

Memasuki area keluarga, masih terlihat sentuhan warna putih dan krem muda di beberapa furnitur seperti meja dan sofa. Namun, secara keseluruha­n area ini didominasi oleh warna abu-abu, khususnya pada lantai. Hal ini sengaja diterapkan demi menjaga lantai agar tidak mudah kotor sekaligus memberi warna kontras yang baik dengan furnitur lainnya. Sentuhan warna hijau dari beberapa tanaman dalam ruangan pun memberi suasana homey. Satu fakta unik, Olivia sangat menyukai indoor plants. Tak heran jika influencer yang terkenal lewat blognya ini berusaha untuk memainkan unsur tanaman di beberapa sudut hunian.

Seolah bisa ditebak, kamar utama yang terletak di lantai dua ini didominasi oleh warna putih. Mulai dari tempat tidur, meja kecil, meja rias, lemari, serta meja TV. Selebihnya, Olivia memilih untuk menggunaka­n warna abu-abu, seperti di kamar mandi utama yang dipadukan dengan warna cokelat sebagai pemanis.

The Decoration

Nuansa minimalis nyatanya tak selalu memberikan kesan kosong. Olivia menyiasati hal ini dengan memajang berbagai dekorasi unik di dinding, meski tak berlebihan. Jika dilihat, hampir sebagian besar pajangan dinding yang digunakan berupa tulisan atau catatan yang memiliki makna cukup dalam. Salah satu hal yang menarik adalah seperti pajangan di kamar utama yang terbuat dari wedding vows Olivia dan Kalvin. Wedding vows yang dihias dengan frame berwarna putih ini digantung di atas tempat tidur. Sungguh sebuah dekorasi simpel dan romantis, bukan?

Olivia juga menggunaka­n perpaduan elemen kayu sebagai dekorasi untuk menonjolka­n tekstur dan nilai estetis lebih pada huniannya. Salah satunya seperti di area kerja. Olivia dan Kalvin memutuskan untuk menggabung­kan area kerja milik mereka. Meski begitu, kedua sisinya tetap menonjolka­n karakter sang pemilik. Sisi milik Olivia terasa lebih feminin dengan penggunaan rak kayu untuk menyimpan foto, majalah, dan poster seni sebagai pajangan manis. Sedangkan sisi milik Kalvin terlihat lebih maskulin dengan perpaduan warna putih dan hitam serta jejeran buku yang terlihat apik.

Tak ingin terlihat terlalu “polos”, Olivia meletakkan console table tepat di samping area makan. “Saat awal pindah, saya melihat area ini terlalu kosong. Akhirnya memutuskan untuk menggunaka­n console table agar terlihat lebih cantik,” jelasnya. Console table minimalis ini pun semakin memesona dengan dekorasi berwarna copper, kayu, dan putih. Berbeda dengan area kerja, Olivia memberikan sentuhan dedaunan berwarna hijau di area ini. Dengan meletakkan tumbuhan di meja dan dinding, ada kesan segar yang timbul di sudut ini.

Beranjak ke area keluarga, Olivia menunjuk pada sofa berbentuk L berwarna abu-abu yang ternyata merupakan area favoritnya dan suami. “Kalvin paling sering main game di sini,” ujarnya. Di antara meja TV dan tangga, Olivia meletakkan hiasan berupa rak yang dipenuhi pajangan unik. Untuk mempermani­s sudut ini, Olivia memilih untuk bermain dengan warna gold dan silver.

Kenyamanan menjadi nilai penting bagi Olivia dan Kalvin. Maka dari itu, keduanya memutuskan untuk memasang daybed di salah satu sudut ruangan. “Biasanya kami menggunaka­n daybed ini untuk sarapan atau sekadar menghabisk­an quality time seperti membaca majalah atau koran,” jelas Olivia.

The Hacks

Meski jarang digunakan untuk memasak besar, Olivia tetap ingin menonjolka­n nuansa elegan di area dapur bersih. Demi menciptaka­n suasana ini, ia menggunaka­n satu tip mudah yang akan membuat hunian siapa pun terlihat elegan dengan cepat, yaitu penggunaan marble.

“Saya memang sangat menyukai marble,” ujarnya. Maka dari itu, ia memutuskan untuk menggunaka­n marble sebagai counter top untuk menyempurn­akan

tampilan dapur yang modern. Baginya, penggunaan marble di area dapur adalah perpaduan yang sempurna. Selain sukses membuat dapur terlihat dan terasa modern, marble juga sangat mudah dibersihka­n.

Selain penggunaan marble sebagai counter top, Olivia juga menggunaka­n bahan yang sama pada dinding di atas keran dapur. Ide ini sukses menambahka­n nilai modis dan sleek pada kabinet kayu.

The Fashion Side

Sebagai seorang fashion influencer, satu hal yang pasti wajib dimiliki Olivia adalah sebuah walk-in closet. Dominasi warna putih juga terlihat kental di area ini. Setiap pakaian dikurasi sedemikian mungkin demi mempermuda­h saat harus memilih sebuah gaya tertentu. “Seperti bisa dilihat, mayoritas pakaian saya didominasi oleh warna putih,” ujarnya sambil tertawa. Selain walk-in closet, satu lagi hal yang penting bagi Olivia adalah shoe rack. Setiap koleksi sepatu ditata apik sesuai fungsinya, mulai dari heels, event shoes, sneakers, dan masih banyak lagi. Sesuatu yang diimpikan semua perempuan, bukan?

The Struggle

Memiliki hunian idaman seperti sekarang ini bukanlah dilalui tanpa tantangan. Olivia dan Kalvin harus melalui banyak tantangan saat ingin mewujudkan tempat tinggal yang sesuai dengan keinginan. Olivia mengaku dirinya harus merombak 90% bagian dari rumah karena desain bawaan developer yang kurang cocok dengan selera dirinya dan Kalvin. “Tantangan terbesar adalah ketika kami harus mengurus bagian dalam seperti kabel listrik, saluran air, dan hal lainnya. Thanks Kalvin on helping so much on these section!,” ungkap Olivia.

 ??  ??
 ??  ?? Area keluarga yang menjadi favorit Olivia dan Kalvin. Her World Juni 2018
Area keluarga yang menjadi favorit Olivia dan Kalvin. Her World Juni 2018
 ??  ??
 ??  ?? Lounge area bersantai. untuk
Lounge area bersantai. untuk
 ??  ?? Kamar tidur utama.
Kamar tidur utama.
 ??  ?? Area kerja Olivia.
Area kerja Olivia.
 ??  ?? Her World Juni 2018
Nuansa abu-abu di kamar mandi utama.
Her World Juni 2018 Nuansa abu-abu di kamar mandi utama.
 ??  ?? Dominasi warna putih di kamar utama.
Dominasi warna putih di kamar utama.
 ??  ?? Walk-in closet impian.
Walk-in closet impian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia