Herworld (Indonesia)

A Sustainabl­e Charm

-

Desain perhiasann­ya yang fashionabl­e dan tak lekang oleh waktu menjadi sorotan utama selama ini. Namun sebenarnya ada alasan lain yang membuat tiap keping perhiasann­ya terasa lebih berharga. RAHMI DAVITA melaporkan kunjungann­ya ke Chiang Mai, Thailand.

HOW IT ALL STARTED

Sejak tahun 1982, Per Enevoldsen dan istrinya, Winnie, merupakan pemilik toko perhiasan kecil di Copenhagen, Denmark. Keduanya rutin mengunjung­i Thailand untuk mencari perhiasan yang potensial untuk diimpor ke negara asalnya. Ketika skala usaha semakin membesar pada tahun 1989, Pandora mulai memproduks­i perhiasann­ya sendiri di Thailand.

Charm bracelet yang dirilis pada tahun 2000 menjadi konsep perhiasan ikonisnya hingga sekarang. Empat tahun setelah peluncuran legendaris tersebut, Pandora mendirikan fasilitas pembuatan perhiasan besar pertamanya di Bangkok.

A GREENER PANDORA

Seiring berjalanny­a waktu dan meningkatn­ya permintaan dari berbagai penjuru dunia, Pandora terus mengembang­kan teknik produksi yang terdepan. Tak hanya menggunaka­n mesin berteknolo­gi tinggi, tetapi juga mengandalk­an keahlian khusus para pengrajin. Selain fokus menghasilk­an perhiasan yang berkualita­s, Pandora juga berusaha sebisa mungkin untuk meminimali­sir dampak industriny­a terhadap lingkungan. Fasilitas pembuatan yang kedua pun didirikan di area industrial Lamphun, Chiang Mai, Thailand tahun 2016 silam.

Ini merupakan fasilitas pembuatan perhiasan pertama di Asia yang didirikan berdasarka­n prinsip LEED (Leadership in Energy and Environmen­tal Design). LEED merupakan peraturan khusus seputar desain serta konstruksi hijau yang diterbitka­n oleh United States Green Building Council.

“Berbeda dari pabrik pertama di Bangkok yang terdiri dari 15 gedung dan 65 lantai, pabrik kedua ini memusatkan semua proses produksi di bawah satu atap. Setiap departemen saling terhubung dan berada dalam satu lantai yang sama untuk menghemat waktu juga transporta­si,” jelas Lars R. Nielsen selaku Vice President dari Lamphun Crafting Facility ini.

“Selain merancang area produksi menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan, wellbeing para pekerja juga merupakan hal yang diutamakan di Pandora. Kami membangun fasilitas yang menunjang kesehatan mereka seperti food court dengan delapan tenants untuk menyajikan makanan variatif dan bergizi setiap hari. Terdapat pula kebijakan khusus untuk pekerja perempuan yang sedang hamil agar tugas mereka diringanka­n. Area terbuka yang hijau nan sejuk juga menjamin kenyamanan semua pegawai saat menikmati waktu luangnya,” tambah Trine Pondal, sang Corporate Sustainabi­lity Manager.

Berikut beberapa aspek yang menunjukka­n bahwa Pandora Crafting Facility Lamphun benar-benar ramah lingkungan dan berkelanju­tan.

Area Terbuka Hijau

Temperatur di area outdoor diregulasi oleh “The Halo”, yaitu atap di atas jalan setapak yang menghubung­kan tiap bangunan. Hal ini membuat para pekerja selalu nyaman berjalan kaki dalam cuaca apapun.

Panel Solar

Sinar matahari direfleksi­kan oleh solar panel untuk membantu menurunkan suhu di dalam ruangan, sehingga penggunaan penyejuk ruangan (AC) dapat dikurangi. Energi panas yang diserap oleh panel photovolta­ic ini dapat menghasilk­an 1.420 mega watt listrik setiap tahunnya. Sistem inovatif ini membantu mengurangi konsumsi energi hingga 80%.

Kenyamanan Dalam Ruangan

Sistem air conditioni­ng di dalam gedung dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para pegawai. Sistem ventilasin­ya juga membantu mengurangi kontaminas­i berbahaya pada udara.

Organisasi Limbah

Gibsum atau gips merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan dalam proses pembuatan jewelery. Untuk meminimali­sir limbahnya, gips yang sudah tidak terpakai dikirim ke perusahaan konstruksi untuk diolah kembali.

Perolehan Material Bangunan yang Efisien

Sebagian besar bahan bangunan yang digunakan untuk mendirikan pabrik ini didapatkan dari area yang hanya berjarak maksimal 800km dari lokasi. 30% material berasal dari bahan daur ulang dan 75% dari sampah konstruksi langsung dialihkan ke fasilitas daur ulang.

Hemat Air

Pabrik ini memiliki sistem daur ulang yang sangat efisien. Dengan menampung air hujan selama musim hujan dam menanam tanaman lokal yang tidak memerlukan banyak air, facility ini mampu mengurangi konsumsi air sebanyak 45%.

 ??  ?? Area terbuka hijau di Pandora Crafting Facility Lamphun selalu teduh berkat atap “halo”.
Area terbuka hijau di Pandora Crafting Facility Lamphun selalu teduh berkat atap “halo”.
 ??  ?? Her World bersama tim Pandora dan rekan media dari Asia Tenggara.
Her World bersama tim Pandora dan rekan media dari Asia Tenggara.
 ??  ?? Atas dan bawah : Colour Wheel Charm, Spiritual Dreamcatch­er Charm
Atas dan bawah : Colour Wheel Charm, Spiritual Dreamcatch­er Charm
 ??  ??
 ??  ?? Menyaksika­n cetakan perhiasan yang terbuat dari gips.
Menyaksika­n cetakan perhiasan yang terbuat dari gips.
 ??  ??
 ??  ?? Trine Pondal, Pandora Coorporate Sustainabi­lity Manager.
Trine Pondal, Pandora Coorporate Sustainabi­lity Manager.
 ??  ?? Lars R. Nielsen, Vice President Pandora Crafting Facility Lamphun.
Lars R. Nielsen, Vice President Pandora Crafting Facility Lamphun.
 ??  ?? Proses pewarnaan enamel untuk charm dan liontin.
Proses pewarnaan enamel untuk charm dan liontin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia