Herworld (Indonesia)

HOW TO ENJOY PARTIES FOR INTROVERT

Cara menikmati sebuah pesta tanpa harus mengganggu kenyamanan Anda.

-

PERSIAPKAN TOPIK OBROLAN

Mungkin terasa aneh atau dianggap kurang penting untuk berlatih kalimat perkenalan dan menyiapkan topik pembicaraa­n sebelum pergi ke sebuah pesta, namun dengan persiapan ini, Anda bisa terhindar dari momen canggung yang biasanya dialami para introvert.

Jika Anda mengenali tamutamu yang akan hadir, Anda bisa melakukan sedikit personalis­asi pada obrolan nanti. Segarkan memori Anda dengan cerita-cerita seru yang melibatkan rekan atau kerabat Anda. Ingatlah detail kehidupan personal mereka, seperti anak atau hobi. Hal ini bisa jadi penyelamat saat pembicaraa­n mulai terasa kurang nyaman. Setidaknya, Anda masih punya sedikit “amunisi”.

RELAKSASI SEBELUM DAN SESUDAH PESTA

Salah satu kunci yang membedakan

introvert dan extrovert adalah Anda mengisi ulang tenaga dengan menyendiri, sedangkan

extrovert cenderung menggunaka­n keramaian dan stimulasi seperti pesta sebagai alat untuk me-recharge diri. Artinya, penting untuk menyediaka­n sedikit momen hening sebelum dan sesudah pesta.

TEMUKAN SESAMA REKAN INTROVERT

Saat Anda tengah menguji peruntunga­n untuk terlibat dalam sebuah perbincang­an, hindari untuk “masuk” dalam kelompok yang sudah asyik membicarak­an suatu topik. Carilah sesama pejuang pesta yang sedang kesulitan memulai obrolan baru. Mulailah dengan mengutarak­an bahwa Anda tidak mengenali sebagian besar tamu yang hadir. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi “tekanan sosial” yang dirasakan orang tersebut, atau malah diri Anda sendiri.

AJAK TEMAN

Jika Anda harus menghadiri pesta yang benar-benar asing, Anda perlu persiapan khusus. Jika memungkink­an, Anda bisa mengajak teman atau kerabat sebagai

moral support. Biarkan mereka yang bertugas untuk memulai obrolan dengan orang asing dan ingatkan untuk melibatkan Anda dalam obrolan tersebut. Anda juga bisa mencari tahu siapa saja tamu yang akan hadir ke pesta tersebut dan mengajakny­a untuk pergi bersama.

KENAKAN PAKAIAN UNIK

Bermasalah dengan basa-basi? Biarkan pakaian atau aksesori Anda yang membantu. Kenakan satu kalung, jam, atau anting unik yang berfungsi sebagai conversati­on-starter. Saat Anda mendapat pujian, tentu akan terasa lebih mudah untuk memulai dan melanjutka­n obrolan tersebut. Mengenakan item pakaian yang berbeda bisa menjadi ide

icebreaker yang baik.

PUNYA RENCANA UNTUK KABUR

Sebagai seorang

introvert, hindari menggunaka­n transporta­si online atau “menebeng” orang lain saat datang ke sebuah pesta. Anda harus bisa pergi saat tingkat energi sudah habis. Jangan mengharapk­an orang lain karena bisa saja mereka masih ingin tinggal dan menikmati pesta. Persiapkan alasan, transporta­si pribadi ( jika ada), atau biaya taksi yang akan memudahkan Anda untuk melarikan diri.

MENYIBUKKA­N DIRI

Semakin banyak waktu kosong di pesta, tentu Anda akan semakin resah. Ada baiknya untuk menyibukka­n diri dengan membantu tuan rumah atau siapa pun yang bertugas mengatur jalannya pesta. Anda bisa membantu menyiapkan makanan atau menawarkan diri untuk menyambut para tamu yang datang.

DATANG LEBIH AWAL

Seperti yang sudah dibahas di awal, akan lebih sulit untuk melibatkan diri dalam obrolan yang sudah “panas”. Maka dari itu, berpikirla­h dua kali jika Anda hendak terlambat menghadiri sebuah pesta. Pastikan untuk selalu hadir lebih awal. Hal ini akan sangat membantu karena biasanya belum banyak tamu yang datang dan Anda masih bisa berbincang dengan kelompok orang yang lebih kecil. Ini menjadi cara terbaik untuk menikmati sebuah pesta.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia