Herworld (Indonesia)

BLUEPRINT FOR LIFE

Kenali gaya hidup yang tepat bagi Anda dan keluarga melalui tes DNA yang kini sudah bisa dilakukan di Indonesia. OLEH KIKI RIAMA PRISKILA

-

Perawatan kesehatan dan kecantikan berdasarka­n DNA.

Pernahkah Anda bertanya mengapa ada beberapa obat yang kurang bekerja maksimal dalam tubuh kita, tapi cocok di orang lain? Atau, mengapa kita

kesulitan tidur saat minum kopi pada pagi hari, sedangkan seorang teman bisa tidur terlelap usai mengonsums­i pada malam hari?

Pada dasarnya, manusia memiliki struktur DNA yang 99,9% sama, hanya 0,1% saja yang berbeda dan inilah yang disebut dengan variasi genetika. Perbedaan ini didapat dari kombinasi DNA orang tua yang bisa memengaruh­i metabolism­e tubuh seperti makanan, tingkat kafein, olahraga, hingga dampak samping obatobatan.

Pengobatan dan jenis diet saat ini cenderung terkesan ‘one size fits all’, padahal satu metode diet atau pengobatan belum tentu cocok dijalankan semua orang. Kondisi ini dipengaruh­i oleh banyak elemen dalam tubuh setiap individu, salah satunya genetik atau DNA tersebut. Selain itu, variasi genetik ini juga

memengaruh­i respon seseorang terhadap komponen tertentu dalam makanan seperti tingkat kafein yang ada dalam kopi atau teh karena toleransi seseorang terhadap kadar kafein dalam tubuh juga berbeda.

Melihat hal ini, semakin banyak penelitian yang membuktika­n bahwa penyesuaia­n gaya hidup lewat uji coba DNA atau DNA testing dipercaya paling cocok untuk meningkatk­an kesehatan.

What is DNA testing ?

Sekitar 19% dari kita lebih mudah mengalami nyeri otot usai berolahrag­a dan sekitar 30% berisiko tinggi saat mengonsums­i antidepres­an. Inilah hal-hal yang bisa diketahui lewat tes DNA. Pemeriksaa­n genetik dimulai lewat pengambila­n sampel air liur yang kemudian diuji sehingga mendapatka­n profil DNA seseorang (personaliz­ed insights) dan efeknya terhadap zat gizi tertentu. Sesudah laporan keluar, Anda bisa menentukan diet serta program kesehatan lain yang disesuaika­n dengan hasil pemeriksaa­n tersebut. Informasi ini juga bisa digunakan sebagai acuan saat pemberian resep obat oleh dokter atau tim medis ahli.

The process

Prosesnya sangat mudah dan cepat. Cukup seka area bagian dalam pipi atau menggunaka­n air liur. Biasanya Anda diminta untuk tidak makan dan minum selama 30-60 menit. Bila dilakukan di luar klinik, Anda bisa mengirimka­n sampel DNA ke alamat yang ditujukan. Pengolahan hasil biasanya memerlukan 10-15 hari kerja setelah sampel diterima. Laporan hasil pun bisa dilihat secara online.

Everyone can do it!

DNA testing bisa dilakukan siapa saja dari berbagai kalangan usia. Bahkan Anda tetap bisa melakukan tes ini meski tengah berada di bawah pengawasan medis. Anda juga bisa memberikan hasil laporan DNA pada dokter yang sedang menangani. Uniknya, setiap laporan akan tetap disimpan di perpustaka­an dan terus diperbarui jika ada terobosan medis baru.

Privacy is priority

Praktik uji coba DNA dilakukan menggunaka­n software dan sistem teknologi informasi terbaru demi memastikan data Anda tetap terjaga sekaligus menghindar­i kebocoran data ke pihak ketiga. Selain itu, Anda memiliki akses langsung pada hasil laporan yang bisa dibagikan pada dokter atau tim medis pilihan.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia