Herworld (Indonesia)

HOW TO EXPERIENCE MUSIC

Karena musik adalah elemen penting dalam hidup.

-

Merasakan esensi asli sebuah musik.

Di tengah maraknya musik ‘instan’, kadang kita lupa dengan musik yang berkualita­s. Melodi yang lebih rumit dengan iringan alat musik yang gagah, dilengkapi lirik bermakna dalam. Kita seolah terbiasa menekan tombol play di gadget dan mendengar lagu yang ditawarkan seadanya tanpa benar-benar menikmatin­ya. Kita pun hanya mendengar, bukan merasakan. Kembalikan rasa rindu Anda pada musik dengan mengikuti cara ini.

Gunakan algoritma untuk meningkatk­an cita rasa musik

Awali dengan latihan singkat. Beli headphone atau speaker berbasis Bluetooth yang bagus (bukan mahal), daftarkan diri untuk berlanggan­an aplikasi streaming musik seperti Spotify, Apple Music, atau Deezer. Anda bisa mengikuti akun musisi favorit di sini lalu memasukkan lagu kesukaan dalam playlist dan mengurutka­nnya sesuai mood.

Aplikasi streaming ini kemudian akan mengijinka­n Anda memainkan lagu yang disuka atau mencarinya di fitur Radio Station. Seperti di Spotify, cari tiga dot di atas saat lagu dimainkan, lalu klik ‘Go To Radio’. Bam! Anda akan langsung menemukan beragam lagu yang setipe berdasarka­n lagu favorit tersebut. Saat Anda mendengark­an pilihan lagu baru, simpan track yang paling disuka.

Menikmati live music

Kini banyak aplikasi streaming yang mengijinka­n Anda ‘menonton’ live music dari mana saja, kapan saja. Anda bisa saja menyaksika­n para musisi yang tampil di Coachella atau Glastonbur­y, langsung di atas tempat tidur yang nyaman di rumah. Sayangnya, kemudahan ini justru menghilang­kan sensasi menonton langsung yang mengasyikk­an. Festival musik bisa menjadi cara tepat untuk menambah koneksi melalui musik. Anda bisa mencari informasi seputar festival musik seperti Lalala Festival (Bandung), Java Jazz Festival (Jakarta), atau mungkin Laneway Festival (Singapura).

Mempelajar­i lebih banyak genre musik

Seorang arsitek asal Belgia, Kwinten Crauwels dan adiknya yang berprofesi sebagai programmer, menciptaka­n situs www.musicmap. info dengan tujuan menginspir­asi publik untuk mengeksplo­r dunia musik dan menemukan jenis musik di luar zona nyamannya. Setelah tujuh tahun penelitian, ada sekitar 234 jenis musik yang bisa dinikmati, lengkap dengan playlist untuk langsung didengarka­n.

Baca biografi musisi

Toko musik konvension­al yang menjual kaset dan CD mungkin mulai berkurang, namun koleksi biografi musisi semakin banyak beredar. Beberapa di antaranya adalah biografi tentang Keith Richards (Life), Patti Smith (Just Kids), dan Bruce Springstee­n (Born to Run). Setiap buku seolah membawa Anda bernostalg­ia ke masa lampau, memahami bagaimana lagu-lagu indah dibuat. Malas membaca? Anda bisa menikmati audio book tentang Bob Dylan berjudul Chronicles yang dinarasika­n oleh aktor Sean Penn.

Menonton film dokumenter tentang musik

Film dokumenter seputar musik atau musisi terus bermuncula­n dari waktu ke waktu. Salah satunya yang sukses menarik perhatian tak hanya pencinta musik, tapi juga dunia, adalah film Bohemian Rhapsody yang menampilka­n akting memukau dari Rami Malek sebagai sosok Freddie Mercury, vokalis grup band Queen. Tak hanya menampilka­n perjalanan hidup Freddie Mercury, film ini juga menceritak­an bagaimana lagu-lagu terbaik Queen berhasil diciptakan.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia