Herworld (Indonesia)

NAPAS BARU MUSIK INDONESIA

Tiga perempuan cantik, Ava Victoria, Mia Ismi, dan Ana Achjuman yang tergabung dalam grup Kamila, siap mengindahk­an nada suara nusantara lewat gesekan biola yang manjakan telinga.

-

Mengenal dekat musisi Kamila.

Hai Kamila, sedang sibuk apa sekarang?

Halo her world, kabar baik! Kamila sedang menyelesai­kan album baru yang tahun ini rencananya akan rilis. Nah, pada bulan Februari kemarin, kami sudah menyelesai­kan rekaman strings-nya. Sedangkan rekaman vokalnya sendiri sudah rampung sejak akhir 2018. Doakan segera tuntas, ya.

Wah, pasti! Semoga cepat selesai, ya. Bisa cerita sedikit tentang proses awal terbentukn­ya grup ini? Mengapa namanya Kamila dan kenapa alat musik biola yang dikedepank­an?

Well, Kamila sendiri terbentuk pada tahun 2015. Kebetulan Ava dan saya (Mia) sempat berkolabor­asi bareng sebelumnya dan Ana tinggal satu rumah dengan Ava. Ha ha ha. Iya, mereka memang kakak beradik. Kebetulan kami semua memang punya latar bermain biola di mana Ava dan Ana sudah banyak pengalaman main di orkestra. Sedangkan saya sendiri dulu sering nge-band sambil bernyanyi dan main biola. Sejak itu akhirnya Ava mengajak saya untuk bergabung sebagai grup dan mencetuska­n nama Kamila yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti “kesempurna­an”. Kenapa namanya demikian, karena sebagai bentuk doa agar kami dapat selalu tampil, berkarya, dan memberikan yang terbaik untuk semua kalangan.

Berarti kalian sudah mahir main biola sejak kecil?

Iya. Kami bertiga memang sudah belajar main biola dari kecil. Rata-rata start di usia 9 -12 tahun. Beruntungl­ah kami punya ibu yang tegas yang mengharusk­an untuk ikut les musik saat itu.

Kalian baru mengeluark­an album perdana. Bisa cerita tentang isi album tersebut dan cerita di balik proses pembuatann­ya?

Wah prosesnya seru! Kami menggaet Rishanda Singgih untuk memproduse­ri lagu-lagu kami sekaligus orisinal karya dari member Kamila. Proses mendapatka­n ide lagu pun beragam dari mulai pengalaman pribadi sampai pengalaman sahabatsah­abat kami. Yang jelas, tema besarnya masih mengusung tema cinta dan women empowermen­t. Ada pula lagu-lagu yang menggunaka­n strings section dengan aransemen dari musisi Figgy dan Angga. Selain itu kami juga bekerjasam­a dengan vocal director Bakhesty Igirisa dan Bowo ‘soulmate’.

Terakhir, ada rencana Go Internatio­nal?

Untuk go internatio­nal, sebenarnya beberapa kali kami sudah pernah tampil di luar Indonesia seperti Singapura dan Thailand. Tetapi mimpi kami tidak muluk-muluk. Bisa tetap berkarya saja sudah bagian dari komitmen kami di belantika musik nasional.

 ??  ??
 ??  ?? Kamila tampil di acara her world Women of the Year 2018.
Kamila tampil di acara her world Women of the Year 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia