Herworld (Indonesia)

Let’s Say Hello!

Konstruksi MRT selesai tepat waktu. Ucapkan selamat datang dan jadilah bagian dari sejarah perubahan Jakarta!

-

It’s finally here and definitely real! Transporta­si massa yang sejak lama diidam-idamkan akhirnya tak lagi sebatas wacana. Kereta Mass Rapid Transit koridor satu yang membentang sepanjang 16 kilometer dari Bundaran HI sampai Lebak Bulus ini mulai bisa digunakan sejak akhir Maret 2019. Dengan tarif antara Rp8.500-10.000, diharapkan seluruh warga Jakarta bisa menggunaka­n moda transporta­si berikut sebaik-baiknya sehingga bisa jadi solusi kemacetan yang nyata.

Nama

Kereta asal Jepang ini diberi nama Ratangga. Diambil dari puisi Mpu Tantular yang ada di Kitab Arjuna Wijaya dan Sutasoma, dalam Bahasa Jawa Ratangga sendiri punya arti ‘kereta perang’ yang identik dengan kekuatan dan sifat ksatria. Hal ini tentu tak dilakukan tanpa sebab, melainkan jadi simbol doa pemerintah agar proyek MRT selanjutny­a akan terus berjalan dan sukses layaknya ksatria sejati yang tak pernah gagal di medan tempur meski berbagai kesulitan menghadang.

Stasiun dan rel

Ada 13 stasiun siap pakai yang akan Anda lewati selama menggunaka­n MRT, yaitu Stasiun Bundaran HI, Dukuh Atas, Setiabudi, Bendungan Hilir, Istora, Senayan, Sisingaman­garaja, Blok M, Blok A, Haji Nawi, Cipete Raya, Fatmawati, dan Lebak Bulus. Dari seluruh rute, ada dua tipe rel yang terinstala­si yaitu di bawah tanah dan struktur layang (elevated).

Rel bawah tanah sendiri terpasang 6 kilometer dari mulai Bundaran HI hingga Senayan. Lepas dari jalur itu, kereta mulai mengarah naik menuju stasiun Sisingamar­aja sampai Lebak Bulus yang berarti sistem layang terpasang lebih panjang yaitu sejauh 10 kilometer Jam operasiona­l: pk 05.00-24.00 WIB (20 jam).

Tiket

Tiket MRT terdiri dari dua jenis, yaitu Single Trip dan Multi Trip. Khusus untuk Single Trip, pengisian saldo dilakukan per perjalanan dan berlaku selama tujuh hari terhitung sejak pembelian pertama. Sedangkan kartu Multi Trip dapat digunakan sampai kapan pun selama saldo masih mencukupi.

Penggunaan

Setelah membeli kartu, Anda tentu bisa langsung naik ke dalam kereta. Namun jika ada kendala, segera hubungi Front Office untuk bertanya. Saat menaiki eskalator, berdirilah di sebelah kiri. Beri ruang kosong di bagian kanan untuk yang sedang terburu-buru dan ingin mendahului Anda.

Ada dua tangga yang tersedia yaitu tangga berjalan dan tangga biasa. Ada pula lift prioritas yang khusus diperuntuk­kan bagi lansia, kaum difabel, dan ibu hamil. Begitu pula dengan tempat duduk di dalam kereta. Harap perhatikan ketentuan prioritas tersebut demi kenyamanan bersama.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia