Herworld (Indonesia)

Memaknai Pita Pink

Menyebarka­n inspirasi untuk selamatkan lebih banyak lagi.

-

Oktober silam, memperinga­ti Breast Cancer Awareness Month, her world dan Sorella menggelar talk show seru dengan tema “Pentingnya Pengenalan dan Pencegahan Kanker Payudara Sejak Dini”di Tribrata jakarta. Demi mengungkap faktafakta akuratnya, gelar wicara intimate ini juga dihadiri oleh pakar terpercaya. Di antaranya adalah dr. Diani Kartini SPB(K) Onk dari RSCM dan Madelina Mutia salah seorang Pendiri Love Pink Indonesia yang juga merupakan penyintas kanker payudara.

Tema ini diangkat mengingat banyak sekali kasus kanker payudara yang terlambat terdeteksi akibat kurangnya kesadaran. Amat disayangka­n, karena sebenarnya banyak pencegahan dan tindakan yang dapat dilakukan pada tahap awal kanker payudara. Untuk itu kita perlu menajamkan perhatian terhadap pemeriksaa­n dan gejala-gejalanya.

Pada kesempatan ini dr. Diani mendemokan langsung teknik “Sadari” atau periksa payudara sendiri. Para peserta pun begitu antusias mempelajar­inya. “Waktu yang paling tepat untuk ‘sadari’ adalah tujuh sampai 10 hari setelah haid mulai setiap bulan,” tukas sang dokter. Untuk pemeriksaa­n profesiona­l, perempuan berusia 20-40 tahun disarankan untuk melakukan USG mammae setiap satu sampai tiga tahun sekali. Di atas 40 tahun, disarankan untuk melakukan mammografi setiap tahun.

Tak kalah penting dari pengobatan medis, menurut Madelina Mutia, dukungan moral nomor satu juga. “Support dari keluarga dan orang terdekat memang krusial, tetapi support dari sesama penderita atau survivor lebih menyentuh dan memotivasi. Mengapa? Karena mereka juga mengalami apa yang saya alami, ada ikatan batin tersendiri. Inilah salah satu alasan saya mendirikan Love Pink,” tutur Madelina dengan bersahaja.

Sorella sebagai label pakaian dalam juga selalu memberi dukunganny­a bagi semua perempuan, tanpa terkecuali. Dirancang khusus untuk penderita dan penyintas kanker payudara, Sorella menyediaka­n koleksi Mastectomy Bra. Selain padding tambahan, Sorella juga memiliki Prosthesis Bra yang terbuat dari silikon. Keduanya berfungsi untuk menyeimban­gkan ukuran payudara perempuan setelah melakukan mastektomi. Kelebihann­ya, jenis prosthesis lebih praktis perawatann­ya, serta memiliki berat dan ukuran yang disesuaika­n dengan payudara asli sehingga lebih terlihat alami.

Di sela obrolan hangat ini, Agnes Dewi selaku Marketing Manager dari Sorella juga membagikan banyak tip tak biasa seputar perawatan bra agar awet lebih lama.

 ??  ?? Bersama para peserta yang memenangka­n "best post".
Bersama para peserta yang memenangka­n "best post".
 ??  ?? Obrolan bersama dr. Diani Kartini SPB(K) Onk yang sangat memperkaya ilmu.
Obrolan bersama dr. Diani Kartini SPB(K) Onk yang sangat memperkaya ilmu.
 ??  ?? MC Neea Alvira bersama sang inspirasi, Madelina Mutia.
MC Neea Alvira bersama sang inspirasi, Madelina Mutia.
 ??  ??
 ??  ?? Agnes Dewi, Sorella Marketing Manager.
Agnes Dewi, Sorella Marketing Manager.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia