Herworld (Indonesia)

JOURNALING MONTH

Hal simpel yang akan mengubah hidup.

-

Hal simpel yang akan mengubah hidup.

Tahukah Anda bahwa namanama besar seperti Oprah Winfrey dan Frida Kahlo rutin menulis di jurnal? Penelitian menunjukka­n bahwa journaling, atau kegiatan menulis di jurnal, bisa meningkatk­an kreativita­s, rasa percaya diri, dan mindfulnes­s. Journaling bahkan dikaitkan dengan tingkat IQ yang tinggi sekaligus kemampuann­ya untuk meredakan stres. It’s definitely worth to try.

What You’ll Get

Meski terlihat seperti kegiatan biasa, journaling bisa jadi salah satu cara untuk mengekspre­sikan diri. Ada banyak jenis journal yang bisa ditemukan, misalnya doodle journal, gratitude journal hingga bullet journal, namun semuanya punya tujuan yang sama. Bahkan journaling bisa digunakan sebagai alat terapi. Content creator, Andra Alodita, juga tengah gemar menulis di jurnal. “Manfaatnya tentu untuk selfhealin­g, membantu kita belajar tentang diri sendiri dan menemukan solusi. Saat kita dilanda masalah, kita bisa saja menemukan solusi dalam keadaan tenang. Bagi saya, journaling sangat membantu dalam hal seperti ini,” ujarnya.

What You Need

Selain kreativita­s dan tekad kuat untuk menulis, Anda memerlukan buku yang sesuai dengan tipe journaling yang diinginkan. Misalnya dotted notes untuk bullet journal, buku berhalaman polos untuk doodle journal, dan buku bergaris untuk gratitude journal. Namun, ini bukan hal pakem yang harus diikuti karena tujuan utama journaling adalah bebas berekspres­i. Selain buku, siapkan alat tulis yang bervariasi agar lebih mudah berkreasi, seperti pulpen, penggaris, drawing pen, penghapus, colour pencil, dan stabilo.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia