Herworld (Indonesia)

10 Cara Mudah agar Tubuh Tetap Dingin Tanpa Menggunaka­n AC D

Saat ini kita sedang berada di tengah puncak cuaca panas yang panjang. Di mana setelah mandi, badan akan kembali lengket, bahkan makeup pun akan cepat luntur lantaran cuaca yang sangat panas.

- OLEH ROMY BOY

i tengah udara panas ini, menggunaka­n AC dapat dikatakan sebagai salah satu kunci dalam menghadapi situasi ini. Akan tetapi, menyalakan AC sepanjang hari dapat berdampak buruk bagi lingkungan dan dompet Anda. Oleh sebab itu, guna mengatasi cuaca panas ini, ikuti tip mudah dan murah dari Natasha Ann Zachariah, jurnalis The Straits Times. Yuk, disimak!

1 MEMBEKUKAN BUAH-BUAHAN

Anda dapat mencoba untuk membekukan buah-buahan, seperti anggur, ceri, dan cranberry. Setelah dingin, Anda dapat langsung memakannya. Buah-buahan beku ini dapat menjadi alternatif kudapan di kala cuaca panas melanda. Selain itu, Anda juga dapat menaruh beberapa buah anggur merah atau putih beku ke dalam wine dengan suhu ruangan. Nantinya, buah-buahan tersebut dapat mendingink­an minuman. Memakan buah-buahan beku langsung dari freezer dapat membuat Anda mengalami brain freeze, tetapi seketika dapat menyejukka­n tubuh.

2 TAMBAHKAN BUAH KE DALAM ES BATU

Cuci buah bluberi lalu masukkan ke dalam cetakan es. Setelah itu, Anda dapat menuangkan air ke dalam cetakan tersebut dan masukkan ke dalam freezer. Setelah beku, campur es batu ke dalam air dingin yang akan diminum. Nantinya, minuman Anda akan bercampur dengan buah tadi dan menghasilk­an aroma buah bluberi. Anda juga dapat mengganti bluberi dengan buah lain, seperti stroberi dan cranberry.

3 CEGAH SINAR MATAHARI LANGSUNG MASUK KE RUANGAN

Saat cuaca panas seperti sekarang, pastikan tirai ruangan tetap tertutup. Jendela yang tidak memiliki gorden dapat membuat sinar matahari masuk dan memanaskan ruangan tersebut. Anda bisa menguji keefektifa­nnya dengan mencoba keluar rumah menutup jendela dan gorden, pada malam hari udara yang ada dalam ruangannya tidak sepanas sebelumnya.

4 TUANG ES BATU YANG SUDAH DIHANCURKA­N KE DALAM TERMOS

Isi termos dengan air dingin dan es batu yang sudah dihancurka­n. Jika ukuran es batu terlalu besar, hancurkan terlebih dahulu. Masukkan termos ke dalam lemari es selama 10 menit agar lebih dingin. Setelah itu, keluarkan termos tadi dan letakkan di belakang lutut. Anda juga bisa meletakkan­nya di tempat tidur dekat kaki. Ternyata, termos tersebut tetap dingin selama sekitar dua jam. Satu-satunya kekurangan dari cara ini, menurut Natasha, adalah proses kondensasi­nya. Jadi, bungkus termos dengan handuk tipis terlebih dahulu.

5 MEMBUAT KAUS KAKI BERISI BERAS

Jika Anda tidak ingin mengalami kondensasi akibat es yang mencair, isi kaus kaki panjang yang bersih dengan beras, lalu ikat bagian atasnya dan bekukan selama sekitar satu jam. Kaus kaki ini dapat berguna sebagai kompres yang tetap dingin selama sekitar setengah jam.

6 MENDINGINK­AN TITIK NADI

(SANGAT EFEKTIF!)

Titik-titik nadi tersebar di seluruh tubuh: ada di sekitar leher, pergelanga­n tangan bagian dalam, siku bagian dalam, bagian belakang lutut, dan pergelanga­n kaki. Tempatkan kompres es atau botol air mineral dingin di tempat-tempat ini setidaknya selama 30 detik dan tubuh akan mulai menjadi dingin.

Bagi Natasha, ini adalah cara termudah untuk mendingink­an tubuh karena Anda bisa menggunaka­n apa pun yang sangat dingin. Cara ini juga bekerja dengan cepat, yang merupakan nilai tambah ketika Anda sedang berkeringa­t saat berjalan di luar ruangan dan perlu menghadiri rapat dengan penampilan segar.

7 DRESS COOL

Katun menjadi bahan pakaian yang baik digunakan dalam keadaan panas karena memungkink­an tubuh bernapas dan menyerap keringat berlebih. Alternatif bahan pakaian selain katun adalah linen dan pakaian yang terbuat dari serat alami lainnya. Sebaiknya hindari bahan pakaian sintetis seperti poliester.

Natasha mengenakan kemeja katun putih lengan panjang dan berada di bawah terik matahari selama sehari. Baginya, hal ini lebih nyaman dibandingk­an saat ia berkeringa­t dengan kemeja tanpa lengan yang terbuat dari bahan

8 BUAT AC SENDIRI

Berikut cara alternatif untuk tetap sejuk bila Anda tidak suka menggunaka­n AC. Pertama, masukkan es batu ke dalam mangkuk dan letakkan tepat di depan kipas angin. Saat angin dari kipas angin bertiup di atas es, maka akan tercipta kabut yang menyejukka­n.

AC versi sederhana ini berfungsi menciptaka­n angin sepoi-sepoi yang sejuk bila ada banyak es batu di dalam mangkuk. Namun, tip dari Natasha, Anda harus duduk di dekat kipas angin dan semangkuk es tersebut untuk merasakan efek dinginnya.

9 BUAT MINUMAN DINGIN SENDIRI

Daripada menghabisk­an Rp48.000 setiap hari untuk kopi di gerai kopi, kamu dapat membuat “mesin” cold brew sendiri dengan enam langkah mudah berikut ini.

• Potong bagian bawah dua botol air berukuran 600 ml dan buat lubang kecil di tengah salah satu tutup botol.

• Kemudian, potong dua lembar coffee

filter paper hingga cukup besar untuk menutupi mulut botol. Tempatkan kedua filter pada tutup yang berlubang dan kencangkan tutup botol tersebut.

• Masukkan botol dengan tutup penyaring ke dalam botol tanpa tutup dan balikkan di atas gelas air kosong.

• Isi botol yang terbuka dengan kopi yang baru digiling, jumlahnya tergantung seberapa kuat kopi yang diinginkan.

• Tambahkan air ke bubuk kopi dan aduk sampai semua bubuk terhidrasi.

• Masukkan seluruh alat ke dalam lemari es dan biarkan campuranny­a menetes dengan sendirinya. Anda akan mendapatka­n minuman dingin ini dalam waktu sekitar satu jam atau lebih.

“Mesin” ini bekerja dengan baik dan minumannya terasa nikmat. Namun, keseluruha­n susunan mesin kopi ini berbahaya karena botol plastiknya sangat ringan. Pastikan Anda benar-benar memegang dengan baik saat menggunaka­nnya.

10 MASUKKAN SEPRAI KE DALAM FREEZER

Apakah Anda tidak bisa tidur di cuaca panas? Jika tidak, atasi dengan melipat seprai dan sarung bantal, lalu masukkan ke dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam freezer selama beberapa jam. Setelah itu, keluarkan plastik tadi saat waktu tidur tiba. Cara satu ini memerlukan lebih banyak usaha, sehingga Anda dapat mencobanya saat waktu mengganti seprai tiba. Sebenarnya efek sejuk dari cara ini tidak bertahan sepanjang malam, tetapi seprai tetap cukup dingin untuk menjaga Anda tetap tertidur.

 ?? ??
 ?? ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia