Intisari

7 Sosok Muda Inspiratif

-

Memperinga­ti 70 tahun Indonesia merdeka,

Intisari menurunkan tujuh sosok inspirasi yang kami pilih dari beragam bidang. Bukan pekerjaan mudah memilih tujuh orang itu karena begitu banyaknya tokoh-tokoh yang spesial di bidangnya.Beberapa nama bisa jadi sudah akrab di telinga pembaca. Siapa pun mereka, kami yakin bahwa dedikasi dan konsistens­i terhadap bidang yang mereka tekuni telah membuat mereka menorehkan nama Indonesia di dunia internasio­nal.

Beberapa sosok tetap memilih tinggal di luar negeri karena berbagai alasan. Seperti Prof. Khoirul Anwar yang menekuni dunia telekomuni­kasi dan berhasil mematenkan salah satu teknologi yang berperan penting dalam sistem telekomuni­kasi nirkabel generasi keempat (4G). Penelitian­penelitian yang dilakukan Khoirul membutuhka­n dana besar dan berkelanju­tan sehingga ia bertahan di Jepang. Namun, suatu saat ia akan kembali dan mengembang­kan ilmunya di Indonesia.

Sementara Aero Sutan Aswar mampu menahan godaan untuk tak berpindah kewarganeg­araan dengan iming-iming fasilitas dan kesempatan yang terbuka lebar ketika ia pindah negara. Baginya, tetap tinggal di Indonesia malah memberinya nilai lebih. Ia bisa mengenalka­n keindahan Indonesia dengan mengajak temanteman seprofesi untuk berlatih di Indonesia. Di sisi lain ia membawa perilaku seorang “juara” yang disiplin dan tegas ke Indonesia, dua hal yang sulit ditemui di sini.

Dari tujuh sosok ini kita bisa belajar untuk bertindak, di tengah keterbatas­an atau tantangan lainnya. Seperti yang dibilang Plato, filsuf Yunani, bahwa aksi yang bagus akan memberi kekuatan pada diri sendiri dan menginspir­asi orang lain untuk bertindak yang sama. Dari tujuh akan berkembang menjadi ribuan, atau malah jutaan tindakan menuju Indonesia yang lebih baik.

Mengutip ucapan Bayu Satya, “Indonesia Harus Bisa!”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia