7 Sosok Muda Inspiratif

Intisari - - Halaman Depan -

Memperingati 70 tahun Indonesia merdeka,

Intisari menurunkan tujuh sosok inspirasi yang kami pilih dari beragam bidang. Bukan pekerjaan mudah memilih tujuh orang itu karena begitu banyaknya tokoh-tokoh yang spesial di bidangnya.Beberapa nama bisa jadi sudah akrab di telinga pembaca. Siapa pun mereka, kami yakin bahwa dedikasi dan konsistensi terhadap bidang yang mereka tekuni telah membuat mereka menorehkan nama Indonesia di dunia internasional.

Beberapa sosok tetap memilih tinggal di luar negeri karena berbagai alasan. Seperti Prof. Khoirul Anwar yang menekuni dunia telekomunikasi dan berhasil mematenkan salah satu teknologi yang berperan penting dalam sistem telekomunikasi nirkabel generasi keempat (4G). Penelitianpenelitian yang dilakukan Khoirul membutuhkan dana besar dan berkelanjutan sehingga ia bertahan di Jepang. Namun, suatu saat ia akan kembali dan mengembangkan ilmunya di Indonesia.

Sementara Aero Sutan Aswar mampu menahan godaan untuk tak berpindah kewarganegaraan dengan iming-iming fasilitas dan kesempatan yang terbuka lebar ketika ia pindah negara. Baginya, tetap tinggal di Indonesia malah memberinya nilai lebih. Ia bisa mengenalkan keindahan Indonesia dengan mengajak temanteman seprofesi untuk berlatih di Indonesia. Di sisi lain ia membawa perilaku seorang “juara” yang disiplin dan tegas ke Indonesia, dua hal yang sulit ditemui di sini.

Dari tujuh sosok ini kita bisa belajar untuk bertindak, di tengah keterbatasan atau tantangan lainnya. Seperti yang dibilang Plato, filsuf Yunani, bahwa aksi yang bagus akan memberi kekuatan pada diri sendiri dan menginspirasi orang lain untuk bertindak yang sama. Dari tujuh akan berkembang menjadi ribuan, atau malah jutaan tindakan menuju Indonesia yang lebih baik.

Mengutip ucapan Bayu Satya, “Indonesia Harus Bisa!”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.