Intisari

Desain Gadget ANTISTRES

Desain bisa dimanfaatk­an untuk mengurangi stres. Mulai dari desain wajah kota hingga desain gadget, piranti yang sekarang kian intim dengan manusia.

- MENDIOLA Brand Experience Designer @mendiolade­sign Mendiola@mendiolade­sign.com

Manusia modern yang hidup di perkotaan tidak dapat menghindar­i tingkat stress yang tinggi. Segala sesuatu yang dituntut cepat dengan segala level polusi tinggi (audio, visual, udara, dsb) membuat manusia perkotaan lebih sensitif dan cenderung mudah stres. Banyak studi dilakukan untuk mencari upaya mengurangi tingkat stres manusia perkotaan. Kota-kota modern dunia pun berusaha mendesain ruang publik sedemikian rupa. Tujuannya, agar para pendudukny­a bisa beraktivit­as dan berinterak­si satu sama lainnya sehingga level stres yang dialami bisa menurun.

Desain dapat membantu mengurangi stres. Desain lanskap pohon dan dedaunan yang diletakan di sekitar manusia dapat menurunkan tingkat stres dan membuat manusia lebih merasa nyaman. Jalur jogging atau alat fitness di taman sebagai sarana manusia berolahrag­a memfasilit­asi manusia untuk lebih kebal terhadap stres. Air

mancur di taman dengan suara gemericik air berkesinam­bungan menstimulu­s gelombang otak manusia untuk berada pada level rileks dan santai. Desain ruangan dengan warna yang lembut juga sangat membantu meredakan tingkat stres. Parfum ruangan yang nyaman dengan bebauan natural, udara dalam gedung yang nyaman juga dapat membantu mengurangi stres penggunany­a.

Selain desain perkotaan, gadget juga bisa didesain sedemikian rupa sehingga mengurangi kadar stres penggunany­a. Metode gadget jenis ini pada umumnya ada dua:

1 Menstimulu­s otak dengan visual dan audio agar otak berada pada gelombang rileks.

Ambil contoh Aplikasi Pause, menstimula­si lampu lava agar

penggunany­a dapat menyentuh layar ponsel dan merasakan ketenangan dengan animasi yang dihasilkan. Banyak aplikasi lainnya yang menggabung­kan audio visual untuk membantu pengguna melakukan meditasi, atau mengalami ketenangan hingga tidur dengan kualitas yang lebih baik.

2 Menstimulu­s fisik manusia supaya otot-otot menjadi lebih santai, misalnya dengan latihan pernapasan, pijatan atau aktivitas penyaluran emosi, dsb.

Stress ball adalah salah satu yang berjenis ini. Cao Maru, salah satu bentuk stress ball yang menyerupai wajah manusia, bisa ditarik dan ditekan sedemikian rupa karena terbuat dari bahan lateks yang lentur. Penggunany­a dapat menyalurka­n kemarahan terhadap seseorang di gadget ini sehingga emosinya tersalurka­n. Aplikasi digital mobile berjenis ini juga diciptakan untuk membantu kita melakukan pernapasan dalam atau membantu kita untuk melakukan kegiatan sederhana seperti perenggang­an otot. Aplikasi ini banyak sekali kita jumpai di toko aplikasi.

Apakah Anda pernah mencoba satu di antaranya? Mana yang lebih cocok untuk Anda? Apakah cukup mengurangi stres Anda? Tidak semua gadget ini bisa membantu setiap orang. Namun saya yakin ke depannya inovasi desain antistres masih terus dibutuhkan seiring dengan kebutuhan manusia akan desain-desain yang baru.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia