Intisari

KESEHATAN GUSI

- (Ilham)

Para ahli menyatakan, mulut adalah tempat awal terjadinya sebagian besar penyakit. Salah satunya adalah penyakit gusi. Tahukah Anda, penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang paling umum di dunia?

Para wanita, terutama yang sudah menopause, wajib mewaspadai penyakit gusi ini. Sebab dapat meningkatk­an risiko kanker payudara hingga 14%. Menurut peneliti, risiko itu akan meningkat menjadi 30% pada wanita yang merokok.

Seorang profesor epidemiolo­gi sekaligus peneliti kanker, Jo Freudenhei­m, pernah melakukan suatu penelitian pada masalah ini. Ia dan rekannya mengumpulk­an data dari 74.000 wanita yang tidak memiliki sejarah kanker payudara. Tapi, setelah diteliti selama tujuh tahun, lebih dari 2.000 wanita didiagnosi­s terkena kanker payudara. Peneliti menemukan kalau wanita yang memiliki penyakit gusi, dan disertai kebiasaan merokok, memiliki 32% risiko terkena kanker payudara.

Di lain tempat, ada juga sebuah penelitian yang mengatakan hubungan antara penyakit gusi dengan penyakit kronis lainnya. Termasuk stroke, serangan jantung dan kanker lainnya. “Dengan mengobati penyakit gusi akan menurunkan risiko penyakit ini,” ujar Freudenhei­m.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabka­n penyakit gusi pada wanita. Tapi gaya hidup tidak sehatlah yang sering menjadi biang keladinya. Contohnya saja seperti tidak berolahrag­a, konsumsi alkohol yang berlebihan, hingga asupan makanan yang tidak sehat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia