Intisari

Dapat ide bermain dari grup

-

Talitha Resi Ratnawulan (29), karyawati di Jakarta, adalah salah satu contoh ibu yang aktif berbagi perkembang­an anaknya di media sosial. Aktivitas yang sering dibagikan adalah saat bermain dan belajar bersama putrinya yang berumur tiga tahun, Nayu. Misalnya ketika Lita, begitu ia akrab disapa, memainkan permainan mengenal huruf bersama Nayu. Misinya, Nayu harus menemukan huruf dalam tumpukan kertas yang telah dibentuk sedemikian rupa.

Selain aktivitas bermain, Lita juga kerap berbagi gambar rekomendas­i buku yang sedang dibaca Nayu. Dimulai dari buku bergambar hingga serial cerita.

Nah, ketika meng- update aktivitas Nayu di media sosial terutama Instagram dan Facebook, tidak jarang pengguna lainnya terutama dari kalangan ibu memberikan respons. Entah hanya sekadar memberikan Like hingga memberikan komentar berupa apresiasi dan saran soal aktivitas Nayu. Namun, yang paling menarik, menurut Lita, adalah adanya ajakan untuk berdiskusi dan saling berbagi tips merawat anak.

Dari pengalaman berdiskusi di media sosial inilah, Lita kemudian bertemu dengan komunitas sharenting yang aktif memberikan tips soal pengembang­an bakat anak. Lita kemudian bergabung dalam “March Birth Club The Urban Mama”, grup Whatsapp yang terdiri atas para ibu yang anak mereka lahir di bulan Maret. Di grup ini, Lita tidak hanya berbagi mengenai perkembang­an anaknya, namun juga mendapatka­n banyak cerita unik dan pengetahua­n dari ibu lainnya. “Saya malah sering dapat ide bermain dengan Nayu dari grup ini,” ungkap Lita.

Bagi Lita, berbagi di media sosial juga berarti orangtua harus proaktif mengedukas­i diri sendiri. Caranya adalah dengan mem- follow berbagai akun yang sering memberikan informasi seputar dunia anak. Ini termasuk

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia