Intisari

SEPULUH HAL YANG WAJIB

-

seatpost Aturlah tinggi sadel dengan ketinggian yang cukup agar pada saat kita mengayuh pedal, posisi lutut akan tertekuk sedikit pada saat telapak kaki kita berada pada posisi pedal.

Pemula biasanya terjatuh karena langsung mencengkra­m tuas rem dengan seluruh jarinya saat panik. Padahal, kita seharusnya hanya menempatka­n dua jari (jari tengah dan telunjuk) pada tuas rem, jangan keseluruha­nnya.

Jangan bergantung hanya pada rem belakang untuk memperlamb­at atau mengimbang­i pengendali­an sepeda. Gunakan kedua rem depan dan belakang bersamaan dengan cara meletakan satu jari pada tuas rem depan dan dua jari pada tuas rem belakang.

Tidak apa-apa untuk menuntun sepeda pada lintasan-lintasan sulit. Orang yang terlanjur trauma karena pernah mengalami kecelakaan pada suatu lintasan, biasanya akan selalu takut untuk mencobanya lagi.

Pada saat kita mulai sadar akan bahaya menghadapi turunan yang curam, segera lepaskan sebelah kaki dari pedal dan mundurkan posisi kita kebelakang sadel (memindahka­n berat badan kebelakang) agar bila roda depan terkena hambatan pengaruhny­a akan berkurang.

1. Atur ketinggian sadel atau 2. Manjakan dengan kedua tuas rem 3. Gunakan rem depan dan rem belakang secara bersamaan 4. Menuntun sepeda itu tidak diharamkan

Minumlah setiap 15 menit sekali saat bersepeda, bahkan dalam cuaca yang sejuk. Ini penting agar kita tidak mengalami dehidrasi. Selain itu, makanlah makanan ringan kaya energi,seperti coklat atau energy bar, setiap 30 atau 45 menit.

5. Siapkan posisi mundur

 ??  ?? Salah satu jenis aktivitas bersepeda yang banyak digemari di Indonesia adalah Mountain Bike alias MTB. Sayangnya, masih ditemukan beberapa goweser (pesepeda) pemula yang mengalami kecelakaan saat bersepeda di gunung akibat mengabaika­n 10 hal ini:
Salah satu jenis aktivitas bersepeda yang banyak digemari di Indonesia adalah Mountain Bike alias MTB. Sayangnya, masih ditemukan beberapa goweser (pesepeda) pemula yang mengalami kecelakaan saat bersepeda di gunung akibat mengabaika­n 10 hal ini:

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia