Intisari

Kreativita­s menamai

-

Beberapa merek mobil di Indonesia, tak sedikit yang berasal dari bahasa-bahasa asing, seperti Inggris, Italia, atau Yunani. Nama itu ada yang mirip seperti aslinya di luar negeri atau memang khusus diciptakan untuk pasar Indonesia. Bahkan menggabung­kan dua bahasa atau memenggal sebuah kata menjadi lebih pendek.

Honda Freed misalnya, berasal dari kata freedom. MPV ini memang hendak dikesankan memberi kebebasan bagi pengendara­nya. Ada pula Honda Mobilio yang berasal dari mobility dan mobile yang berarti gerakan dan bergerak.

Salah satu produk Honda yang melegenda adalah Civic. Nama produk yang mulai dipasarkan pada 1972 itu menurut kamus Webster berarti menghubung­kan diri pada warga, kota, kewarganeg­araan, atau urusan sipil. Civic yang muncul seiring dengan perkembang­an pesat industri otomotif di Jepang, sekaligus mewakili keinginan Honda dalam menciptaka­n mobil untuk masyarakat dan dunia.

Honda juga punya Brio yang dalam bahasa Italia berarti ceria dan bersemanga­t. Salah satu variannya kemudian digabungka­n lagi dengan Satya dari bahasa Sansekerta yang berarti tulus dan setia. Jadilah sebuah mobil dengan merek yang berasal dari dua bahasa.

Artinya tamu asing

Yang tidak boleh kita lupakan, mobil dengan penjualan tertinggi hingga saat ini yakni “Si Kembar” Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Nama boleh beda, tapi sebenarnya mobilnya sama saja. Toyota memilih Avanza yang berasal dari bahasa Italia yakni avanzato artinya peningkata­n. Belakangan untuk varian termewahny­a, Avanza mengeluark­an Veloz yang berasal dari kata velocity artinya kecepatan.

Sementara itu Daihatsu memilih nama Xenia yang berasal dari akar kata Yunani yaitu xenos yang berarti tamu atau orang asing. Entah, mengapa Daihatsu memilih nama tersebut dan apa hubunganny­a. Yang jelas, xenia sendiri sebenarnya juga salah satu istilah dalam proses pembuahan pada tanaman.

Agya dan Ayla menjadi dua produk lain dari kerjasama antara dua perusahaan Toyota dan Daihatsu. Dua nama itu berasal dari bahasa Sansekerta, yakni agya memiliki arti cepat, sedangkan ayla berarti cahaya. Nah, untuk kedua nama ini, Toyota dan Daihatsu agaknya memiliki pandangan yang sama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia