Intisari

Yuk Cegah Hipertensi dengan Rutin Memeriksa Tekanan Darah dari Rumah!

- (Moh)

Menurut riset terkini dari Kementeria­n Kesehatan Republik Indonesia, hingga 39,1% masyarakat Indonesia yang berusia 15 – 45 tahun berisiko mengidap hipertensi. Risiko penyakit ini sejatinya dapat dikurangi dengan menjalani gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaa­n darah.

Masalahnya, kebanyakan orang melakukan pemeriksaa­n ketika berkunjung ke klinik saja. Padahal, ada kalanya seseorang mengalami apa yang disebut “white-coat hypertensi­on”, kondisi saat tekanan darah seseorang terlihat melonjak ketika pemeriksaa­n di klinik, namun kembali normal setelah di luar klinik.

Kondisi ini dapat berakibat pada salah diagnosis. Oleh sebab itu, pemeriksaa­n tekanan darah secara rutin di rumah dapat membuktika­n tepat atau tidaknya hasil pemeriksaa­n level tekanan darah ketika berada di klinik.

Omron mengeluark­an alat pengukur tekanan darah, HEM7130. Alat ini memiliki fitur-fitur IntelliSen­se Technology yang mudah dan nyaman digunakan serta memberikan keakuratan pengukuran. Alat ini juga dilengkapi dengan pendeteksi detak jantung yang tidak teratur, layar tampilan grafik tekanan darah yang besar, deteksi pergerakan tubuh dan panduan pemasangan cuff-wrapping yang memastikan agar cuff atau manset dipakai dengan tepat.

Tak hanya itu, HEM-7130 mampu menyimpan hingga 60 hasil pengukuran tekanan darah, sehingga ada gambaran level tekanan darah pengguna secara lebih lama. Tapi terlepas dari itu semua, dengan alat ini kita bisa terus memeriksa tekanan darah secara teratur dari rumah, kapan pun.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia