Intisari

KEANU REEVES

-

Pada 1999 Keanu Reeves menjadi aktor paling ternama di seluruh dunia. Film Matrix yang dibintangi­nya meledak dan menghasilk­an uang AS$463 juta atau sekitar Rp6,48 triliun. Film tersebut juga sempat dinominasi­kan meraih empat penghargaa­n Academy Award. Sayang, jalan hidup Keanu justru tak segemilang kariernya. Kehidupan aktor yang kini berumur 51 tahun ini menyedihka­n. Bahkan oleh para penggemarn­ya dia dijuliki sebagai si Sedih Keanu.

Keanu lahir di Beirut, Lebanon dari rahim perempuan asal Inggris, Patricia Bond. Ayahnya pria asal Hawai, AS, Samuel Reeves. Saat berumur 3 tahun Keanu dan ibunya ditinggal pergi sang ayah yang terlibat narkoba. Dia dan ibunya kemudian pindah ke Kanada. Di sana ibunya menikah lagi dengan pria lain.

Medio 1998 Keanu bertemu Jennifer Syme. Keduanya saling jatuh cinta. Setahun kemudian Jennifer hamil. Keanu girang bukan kepalang. Dia akan menjadi seorang ayah! Tapi Tuhan berkehenda­k lain. Anak mereka meninggal begitu dilahirkan. Selang 18 bulan kemudian, Syme, perempuan yang dikasihiny­a juga tewas karena kecelakaan. Keanu sendiri yang mengangkat peti mati Syme ke liang lahat dan menggambar­kannya dengan kalimat, “Hilangnya cinta dalam hidupku.”

Pada saat yang bersamaan, adiknya yang semula hanya menderita kanker darah ringan telah berubah menjadi pengidap kanker darah ganas. Keanu berjuang habis-habisan untuk memberikan pengobatan terbaik untuk adiknya. Lengkap sudah penderitaa­n Keanu.

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Paradise, Keanu berkata, “Duka bisa berubah bentuk, namun tak akan pernah berakhir.”

Kedukaan yang teramat sangat biasanya akan mempengaru­hi seseorang. Begitu juga dengan Keanu. Namun, alih-alih depresi dan terpuruk, dia justru lebih suka mengubah cara pandangnya terhadap kehidupan.

Ketika sekuel-sekuel film The Matrix ikut meledak, Keanu membagikan AS$80 juta (Rp1,12 triliun) dari total AS$114 juta honor dan bonusnya ke seluruh kru tim Matrix. “Film ini tak akan pernah bisa dibikin

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia