Intisari

Setia bisnis utama

-

Sukses dengan penjualan online, justru membuat Fabelio merasa perlu untuk mendirikan toko fisik. Mereka memindahka­n kantor ke sebuah kawasan yang ramai yang sekaligus difungsika­n sebagai showroom. “Kami hendak memberikan experience points, karena bila ingin membeli barang, kita juga ingin memegangny­a,” ungkap Marshall tentang perilaku konsumenny­a.

Setelah konsumen mendapat gambaran dan sentuhan langsung dari produknya, Marshall meyakini di masa depan pembeli cukup melihat toko online untuk melakukan pembelian. Rencana lain, adalah berekspans­i ke luar daerah jika telah menguasai logistik, persediaan, pelayanan konsumen. Cara ekspansi ini meniru sistem yang diterapkan pada toko pertama mereka, untuk kemudian disesuaika­n dengan kotakota yang akan dibangun.

Setelah berhasil, menurut Zaky, hendaknya kita jangan berhenti untuk mengembang­kan usaha yang telah dirintis. Kemungkina­nnya bisa dengan membuat produk baru atau cabang-cabang usaha baru sehingga bisa menambah pendapatan. Jadi memang sejak awal kita harus memiliki pemikiran untuk memperluas usaha kita sebisa mungkin.

Bukalapak.com sendiri sejauh ini telah melakukan branding melalui iklan televisi serta situs seperti Youtube. Selain itu, mulai dilakukan kerjasama dengan berbagai bank, perusahaan kartu kredit, dan perusahaan logistik sebagai salah satu pengembang­an bisnisnya di masa depan.

Apakah pengembang­an di luar usaha utama diperlukan? Bila kita mengacu dua perusahaan tadi, mereka rupanya sepakat bahwa bisnis utama tetap menjadi prioritas. Setidaknya untuk saat ini, baik Marshall maupun Zaky, memilih untuk fokus pada usaha yang mereka jalani.

Andaikan semakin berkembang, menurut Jody, pemilik Waroeng Steak and Shake, ia akan tetap fokus pada bidang kuliner. “Kalau tidak fokus maka tidak akan maksimal,” tuturnya. Dengan pemikiran itu pula, ia tetap setia di jalur kuliner meski perusahaan­nya telah berkembang. Saat ini Jody juga tercatat sebagai pemilik sejumlah restoran, seperti Bebaqaran, Bebek Goreng H. Slamet, Waroeng Akam, dan The Icon Grill Steak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia