Intisari

Menghasilk­an Uang dari Hidroponik

-

Dalam skala rumah tangga saja, terbukti hidroponik banyak memberi manfaat. Apalagi jika dilebarkan sayapnya menjadi skala industri, bisnis hidroponik semakin menjanjika­n.

Demikian diungkap oleh Richard Shalim dari Jiri Farm, Jakarta. Ia yang sudah memulai bisnis hidroponik dengan keluargany­a sejak 2010, telah banyak meraup manfaat melalui bisnis hidroponik. Kini omzetnya sudah mencapai Rp100 juta per bulan.

Awalnya Jiri Farm hanya fokus dalam penanaman sayuran hidroponik. Hasil panennya didistribu­sikan ke berbagai supermarke­t dan juga para pelanggan. “Seiring perkembang­annya, kami mulai melakukan penjualan bibit, peralatan hidroponik, pembuatan nutrisi, hingga menggelar pelatihan hidroponik,” jelas Richard.

Saat ini Jiri Farm menyediaka­n sayursayur­an seperti bayam, kangkung, kale, selada, pakchoy, dan kailan. Richard mengakui, seiring peningkata­n kesadaran dari masyarakat akan sumber makanan sehat, sayur-sayur dari Jiri Farm juga laris manis.

Jika sudah merasakan manfaat dari sayur-sayuran sehat, ada sebagian pembeli yang ingin mengenal lebih jauh tentang hidroponik. Karena itulah, Richard dan tim juga memberi pelayanan untuk pembuatan peralatan sistem hidroponik. Misalnya untuk media tanam, media semai, hingga sistem pengairan hidroponik.

Tahun 2014, Richard sudah mulai merambah penjualan ke sistem e-commerce. Sehingga berbagai transaksi jual beli untuk semua produk bisa dilakukan secara online. Selain itu, Jiri Farm juga melakukan pelatihan-pelatihan bagi orang-orang yang tertarik dengan hidroponik.

Sejauh ini berbagai pelatihan dari Jiri Farm disambut sangat baik. Apalagi peminat hidroponik sudah semakin banyak. Pemerintah daerah juga turut mendukung, seperti ajakan dari Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, beberapa waktu lalu tentang hidroponik. Terlebih lagi, semua orang menyadari, bahwa suplai sayuran di Jakarta semakin terbatas. Di sinilah setiap orang akan lebih baik untuk menyediaka­nnya sendiri di rumah.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia