Teknologi Makin Canggih, Deteksi Masalah Kesehatan Lebih Mudah

Intisari - - KABAR - (Tika)

Kemajuan teknologi memang sudah merambat ke berbagai bidang, termasuk juga dalam bidang kesehatan. Pelayanan medis di rumah sakit kini semakin optimal dengan kehadiran berbagai perangkat medis yang terus berinovasi dari masa ke masa.

Hal ini diakui oleh RS Pondok Indah Group Jakarta yang sudah berdedikasi melayani masyarakat selama 30 tahun. CEO RS Pondok Indah (RSPI) Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, menyebutkan bahwa paduan pengobatan medis dan teknologi sangat membantu rumah sakit untuk memberi pelayanan terbaik bagi pasien.“Seperti proses diagnosis medis, deteksi dini, dan identifikasi masalah kesehatan yang bisa dilakukan lebih cepat dan minim risiko,” jelas Yanwar.

Salah satunya adalah teknologi pencitraan medis. Tadinya, sebelum menggunakan Computer Tomography Scanning (CT- Scan) dan Magnetic resonance imaging (MRI), deteksi masalah kesehatan dilakukan dengan Sinar X ( X-Ray) atau lebih dikenal dengan rontgen. Namun kini, seiring perkembangan teknologi, banyak rumah sakit yang sudah menyajikan fasilitas CT- Scan dan MRI.

Khusus untuk kepentingan diagnosis ( screening) RSPI berkomitmen menyempurnakan fasilitas kesehatannya dengan menghadirkan MRI 3 Tesla Skyra. Dengan alat ini, bagian tubuh yang ukurannya kecil dalam organ tubuh, seperti pembuluh darah dan jaringan otot terlihat semakin jelas.

“Dengan berbagai fitur canggih dalam teknologi medis tersebut, dalam hitungan detik saja hasil pemeriksaan sudah bisa diketahui,” kata Dr. Med. Luqman Adji Saptogino, Sp.Rad (K), Sp, KN, dokter spesialis radiologi kedokteran nuklir RSPI Pondok Indah, dalam konferensi pers rangkaian acara HUT RSPI ke30 (8/12) di Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.