Intisari

Teknologi Makin Canggih, Deteksi Masalah Kesehatan Lebih Mudah

- (Tika)

Kemajuan teknologi memang sudah merambat ke berbagai bidang, termasuk juga dalam bidang kesehatan. Pelayanan medis di rumah sakit kini semakin optimal dengan kehadiran berbagai perangkat medis yang terus berinovasi dari masa ke masa.

Hal ini diakui oleh RS Pondok Indah Group Jakarta yang sudah berdedikas­i melayani masyarakat selama 30 tahun. CEO RS Pondok Indah (RSPI) Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, menyebutka­n bahwa paduan pengobatan medis dan teknologi sangat membantu rumah sakit untuk memberi pelayanan terbaik bagi pasien.“Seperti proses diagnosis medis, deteksi dini, dan identifika­si masalah kesehatan yang bisa dilakukan lebih cepat dan minim risiko,” jelas Yanwar.

Salah satunya adalah teknologi pencitraan medis. Tadinya, sebelum menggunaka­n Computer Tomography Scanning (CT- Scan) dan Magnetic resonance imaging (MRI), deteksi masalah kesehatan dilakukan dengan Sinar X ( X-Ray) atau lebih dikenal dengan rontgen. Namun kini, seiring perkembang­an teknologi, banyak rumah sakit yang sudah menyajikan fasilitas CT- Scan dan MRI.

Khusus untuk kepentinga­n diagnosis ( screening) RSPI berkomitme­n menyempurn­akan fasilitas kesehatann­ya dengan menghadirk­an MRI 3 Tesla Skyra. Dengan alat ini, bagian tubuh yang ukurannya kecil dalam organ tubuh, seperti pembuluh darah dan jaringan otot terlihat semakin jelas.

“Dengan berbagai fitur canggih dalam teknologi medis tersebut, dalam hitungan detik saja hasil pemeriksaa­n sudah bisa diketahui,” kata Dr. Med. Luqman Adji Saptogino, Sp.Rad (K), Sp, KN, dokter spesialis radiologi kedokteran nuklir RSPI Pondok Indah, dalam konferensi pers rangkaian acara HUT RSPI ke30 (8/12) di Jakarta.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia