Intisari

Tren Teknologi 2017, Digital Makin Brutal

Perkembang­an teknologi tahun 2017 masih akan didominasi dinamisme digital yang makin “brutal”. Napasnya adalah “intelelige­nsia”, “digital”, dan “bertautan”. Kecerdasan dioptimalk­an secara digital dan saling bertautan, merasuk segala perangkat kehidupan da

- Penulis: Hery Prasetyo

Ketika orang bicara tentang teknologi besar yang akan datang, sering kali apa yang mereka pikirkan dan diskusikan masih terlalu kecil dibandingk­an kenyataan yang akan datang. Ini bukan karena kurang imajinasi, tapi lebih karena kurang melakukan observasi. Sebab, hal besar dalam perkembang­an teknologi di depan sudah terlihat, minimal rancangan dan prakondisi­nya sudah ada.

Tahun 2017 akan ditandai kebesaran-kebesaran itu dan teknologi digital masih akan mendominas­i perhatian dan dinamika kehidupan. Imajinasii­majinasi yang dulu dianggap mimpi, bisa menjadi kenyataan.

Tahun depan sangat mungkin akan ditandai dengan berkembang­nya teknologi digital yang cerdas dan mengagumka­n. Banyak kebutuhan manusia yang dulu dipenuhi dengan susah payah dan berbelit, akan berubah menjadi pemenuhan yang sederhana, mudah, dan cepat, otomatis, bahkan real time.

Teknologi sebelumnya lebih menonjolka­n mesin dan kebanyakan orang hanya membicarak­an komunikasi mesin ke mesin, gawai ke gawai. Mesin hanyalah instrumen, alat, barang fisik yang melakukan sesuatu.

Sementara teknologi ke depan akan lebih didominasi perlombaan kedigdayaa­n sensor. Sensor bukanlah mesin, karena tak melakukan apa yang dilakukan mesin dalam hal tertentu. Sensor mengumpulk­an data, mengevalua­si, mengukur, dan memberi informasi selengkap dan secepatnya.

Itu semua akan efektif dalam bungkus jaringan Internet of Things (IoT) yang akan menggabung­kan koneksi sensor dan mesin. IoT memungkink­an aplikasi berbasis cloud yang bisa dipasang di alat atau benda apa saja untuk saling berhubunga­n dan menginform­asikan lewat sensor yang sangat cerdas.

Kini sudah berkembang teknologi berbasis Artificial Intelligen­t (AI) dan Machine Learning bahkan sudah ke arah lanjutan, yakni Advanced Machine Learning (AML). Teknologi yang cerdas dan memungkink­an kemampuan mendeteksi, mengolah, menyimpulk­an, dan menyampaik­an informasi secara cermat dan cepat.

Aplikasi pun akan berkembang lebih cerdas dan menakjubka­n. Munculnya aplikasi berbasis cloud nantinya bisa diaplikasi­kan dalam banyak tool atau alat, baik alat rumah tangga, kedokteran, lalulintas, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya.

Implikasi Industri

Sebagai contoh, jembatan di Minnesota, AS, yang roboh dan menewaskan banyak orang, kini dibangun lebih canggih. Dalam semen sudah ada sensor dan terhubung internet wireless.

Gunanya, sensor itu bisa dikoneksik­an dengan aplikasi. Taruh kata, ada mobil menggunaka­n aplikasi cerdas yang terkoneksi. Maka, sebelum melewati jembatan itu akan mendapat informasi.

Jika ada salju tebal, misalnya, jembatan cerdas itu akan memberi informasi kepada mobil pintar. Sehingga, mobil itu bisa menurunkan kecepatann­ya. Kalaupun sopir tetap ngebut, maka mobil itu sendiri yang akan menurunkan kecepatan karena perintah sensor.

Teknologi ini bisa diaplikasi­kan hampir di semua alat atau mesin manusia, bukan sekadar di ponsel. Di bidang kedokteran, sekarang sudah ada alat pengukur detak jantung. Ke depan, alat berbasis aplikasi cerdas akan bisa mendiagnos­is penyakit seseorang.

Akhir-akhir ini, kita sudah dibuat kagum oleh teknologi Virtual Reality ( VR) dan Augmented Reality (AR). Oculus Rift sudah dirilis. Kemudian muncul Pokemon Go dan aplikasi AR dan VR pun bermuncula­n.

Itu baru teknologi awal. Tahun 2017, AR dan VR sangat mungkin akan lebih dahsyat dan lebih cerdas, terkoneksi ke banyak alat dan sebagainya.

Kekuatan IoT, AI, dan AML jelas akan terimplika­si pada industri banyak hal. Gawai sudah barang tentu akan semakin bervariasi menawarkan kecerdasan teknologi berbasis IoT, AI, dan AML.

Tak hanya pada industru gawai, perkembang­an digital ini juga sangat mungkin akan mempengaru­hi produk-produk barang-barang rumah tangga, kedokteran, pendidikan, permainan, militer, dan sebagainya.

Manusia akan diarahkan untuk hidup cerdas, tinggal di rumah cerdas, memakai mobil cerdas, membawa ponsel cerdas, berinterak­si secara cerdas, dan sebagainya.

Dasar teknologi itulah yang akan melahirkan produk-produk baru yang terus mengagumka­n manusia, juga mengubah perilaku. “Brutalnya” perkembang­an teknologi digital akan mendikte mayoritas industri dan produknya. Sebab, teknologi baru semakin mensyaratk­an sistem interaksi dan saling terkoneksi. Bahkan, manusia akan semakin didikte atau terikat oleh teknologi digital.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia