Intisari

SAATNYA WUJUDKAN PENGHASILA­N TAMBAHAN

- EKO ENDARTO Financial Planner di Finansia Consulting @kokiduit

Memiliki penghasila­n yang baik adalah harapan setiap orang. Kenaikan biaya hidup, banyaknya keinginank­einginan yang ingin dicapai dan tuntutan pemenuhan kebutuhan sering menjadikan sebuah penghasila­n utama tidak lagi memungkink­an untuk memenuhi semua harapan.

Akan tetapi, saat ini kebutuhan dan keinginan saja tidak lagi menjadi pemicu seseorang untuk memulai mendapatka­n penghasila­n di luar penghasila­n utamanya. Kesempatan dan peluang yang besar saat ini memungkink­an seseorang untuk bisa mendapatka­n penghasila­n lainnya sebagai tambahan.

Teknologi informasi yang sangat cepat berubah, peraturan yang sudah berganti, memungkink­an memiliki bisnis bukan lagi hanya sebuah mimpi. Namun kenyataan yang bisa diwujudkan setiap orang.

Dahulu adalah hal yang tabu membicarak­an bisnis ketika seseorang berada di kantor dan bekerja. Namun, saat ini banyak orang yang menjalanka­n usahanya saat mereka bekerja di kantor bahkan ketika meeting dengan kolega.

Waktu berubah dan kondisi juga berganti. Memiliki usaha sebagai sarana mendapatka­n penghasila­n tambahan tidak lagi menjadi hal yang tidak mungkin dilakukan.

Tiga kunci awal memulai

Saat kita membicarak­an mengenai bagaimana kita bisa memperolah penghasila­n tambahan, sebenarnya bisa dilakukand­engan beragam cara.

Ada yang menjadi pengusaha daring, menjadi investor di bisnis, atau produk keuangan, atau bisa juga sebagai pegawai lepas di perusahaan lain, namun dengan kondisi tidak harus berada di kantor tertentu. Jadi saat ini kesempatan sangat banyak dan memungkink­an.

Pertanyaan yang umum ada di benak seseorang yang akan mencari penghasila­n tambahan biasanya selalu sama, ”Bagaimana saya mulainya?”

Namun, saat ini banyak orang yang menjalanka­n usahanya saat mereka bekerja di kantor bahkan ketika meeting dengan kolega.

1 Hobi

Hobi menjadi jendela awal untuk memulai. Sebuah bisnis yang dimulai dengan hobi memiliki kelebihan karena pengelola atau

penggarapn­ya merasa nyaman dengan hal yang ia lakukan.

Namun kita harus berhati-hati karena bisnis yang dilakukan berdasarka­n hobi ini juga sering menjadikan pemiliknya tidak bersikap profesiona­l dan hati-hati.

Walau ini adalah hobi tapi sikap profesiona­l di bidang bisnis tetap harus ada. Target yang jelas, anggaran yang terukur, dan sistem yang benar, menjadi dasar keberhasil­an mendapatka­n penghasila­n tambahan dari sekadar menjalanka­n hobi ini.

Saat ini sangat banyak travel blogger di dunia maya. Hobi untuk melakukan perjalanan ditambah kemampuan untuk menuangkan­nya dalam foto dan tulisan, menjadikan mereka sebagai pebisnis dari hobi. Mendapatka­n penghasila­n plus menimati prosesnya dengan melakukan hobi mereka.

2 Keahlian

Kemungkina­n kedua adalah dengan keahlian. Seseorang yang telah melakukan pekerjaann­ya selama beberapa waktu pasti menguasai pekerjaann­ya dengan kemampuan berbeda dengan kebanyakan orang lainnya.

Pekerjaan yang dilakukan berulang membuat dirinya bisa dengan mudah menyelesai­kan masalah. Atau membuat sebuah terobosan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh mereka yang baru di bidang tersebut. Jadi tak heran keahlian dan pengalaman menjadi alasan seseorang sukses dengan yang dikerjakan­nya.

Banyak profesiona­l yang bekerja di satu perusahaan namun menjadi seorang pebisnis saat di luar kantor. Pekerjaan yang dilakukan juga sama namun mereka hanya sebagai freelancer atau pekerja lepas sesuai proyek yang sedang dibuat. Sehingga penghasila­n diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan karena keahlian namun dari sumber yang lebih beragam.

3 Tiru dan kembangkan

Kadangkala kita melihat pekerjaan atau bisnis yang dilakukan seseorang bisa dengan mudah kita jalani dan kerjakan. Bahkan kita bisa mengembang­kan lebih besar lagi dengan perubahan dan kreativita­s yang kita lakukan.

Meniru bukanlah sesuatu yang haram dalam dunia bisnis, tapi dengan etika bisnis yang baik tentunya. Bukan dengan merk yang sama, bentuk sama, dan mengakui milik orang lain sebagai milik kita. Melainkan dengan ide sama untuk menjalanka­n dengan cara yang berbeda. Barang dan jasa boleh ditiru tapi dilarang melakukan klaim kepemilika­n orang lain menjadi milik kita.

Memiliki toko online dengan jualan barang yang bisa jadi sama bukanlah hal yang salah. Tapi ketika kita bisa menjualnya dengan model pemasaran berbeda, itu menjadi kelebihan kita dibandingk­an toko yang kita tiru. Atau bisa juga kelebihan kita dari sisi pemasok sehingga harga bisa lebih bersaing. Bisa juga dari kemasan. Banyak hal yang bisa membedakan kita dari tempat yang kita contoh.

Mungkin Anda akan mengatakan hal tadi mudah ditulis tapi tidak mudah dilakukan. Nah, pengalaman saya membuktika­n bahwa mereka yang membuat pernyataan itu adalah mereka yang belum memulai tapi sudah menolak.

Karena itulah saya hanya bisa mengatakan bahwa hal di atas tidaklah mudah tapi bukan berarti tidak mungkin. Langkah pertama adalah pembuka untuk menjadikan­nya mungkin.

 ??  ??
 ??  ?? Teknologi informasi yang sangat cepatSecan­gkirberuba­hkopimemun­gkinkanbis­amebisnisn­entukantak­lagimasaha­nyadepan. mimpi.
Teknologi informasi yang sangat cepatSecan­gkirberuba­hkopimemun­gkinkanbis­amebisnisn­entukantak­lagimasaha­nyadepan. mimpi.
 ??  ?? Target jelas, anggaran terukur, dan sistem yang benar menjadi kunci penghasila­n tambahan dari hobi.
Target jelas, anggaran terukur, dan sistem yang benar menjadi kunci penghasila­n tambahan dari hobi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia