Intisari

Agar Plastik Tak Semakin Menjerat Ciliwung

- Penulis: Yds Agus Surono Fotografer: Dokumentas­i River Ranger

Limbah adalah kawan akrab Sungai Ciliwung. Sampah apa saja dengan mudah ditemukan di setiap kelokan dan aliran sungai ini. Pintu air Manggarai bisa menjadi saksi. Kiwari, plastik mendominas­i masalah perlimbaha­n Ciliwung. River Ranger menjadi bagian dari komunitas peduli Ciliwung agar tak menjadi saluran pembuang sampah plastik.

Dalam sejarahnya, Sungai Ciliwung yang membelah wilayah Jakarta selalu dirundung masalah. Tak bisa menolak ketika dijadikan tempat sampah warga di sekitar atau yang tiap hari melintas. Ketika marah karena jadi tempat buang sampah, “badan”nya diotak-atik agar tak bikin masalah.

Sampah dan limbah sudah akrab dengan keseharian Sungai Ciliwung sejak ratusan tahun silam. Pada 1740, misalnya. Air Sungai Ciliwung dinyatakan tak sehat karena banyaknya sampah dan limbah dari rumah sakit yang dibuang ke sungai. Akibatnya, berjangkit penyakit disentri dan kolera yang menyebabka­n tingginya angka kematian di Batavia saat itu.

Padahal, pada 1689, air Sungai Ciliwung masih dimanfaatk­an untuk minum dan kebutuhan rumah tangga oleh penduduk di bantaran sungai. Jauh sebelumnya, menjadi sarana transporta­si bagi Kerajaan Padjadjara­n yang beribu kota di Pakuan (Bogor) untuk menuju pelabuhan di pantai utara seperti Banten, Tangerang, dan Sunda Kelapa.

Zaman berubah namun “budaya” buang sampah tak ikut berubah. Hanya jenis sampah yang berubah. Volume terus bertambah. Sumber dari Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada 2017 menyebutka­n, setiap hari sekitar 7.000 ton sampah dibuang di Sungai Ciliwung. Dari hulu sampai hilir sungai. Paling parah di wilayah Bogor dan Depok.

Dari sejumlah itu, hanya 75 persen yang bisa “diambil”. Sekitar 25 persen terbawa aliran sungai. Lalu 8 persen lagi atau sekitar 180 ton mengendap dan mencemari Kali Ciliwung.

Melihat kondisi seperti itu, orang-orang pun mulai peduli dengan Sungai Ciliwung. Lahirlah komunitas-komunitas peduli Ciliwung di sepanjang aliran sungai itu. Salah satunya River Ranger yang berada di kawasan Astawana, Condet, Jakarta Timur.

Anak menonton judi

River Ranger didirikan oleh Syahiq Harpi (30). Bermula dari rasa prihatinny­a terhadap banjir yang hampir tiap tahun melanda sebagian kawasan bantaran Sungai Ciliwung di wilayah Condet. Ditambah dengan warga yang membuang sampah sembaranga­n, utamanya ke sungai. Jika melihat

Jika melihat situasinya, memang sungai di kawasan Condet ibarat halaman belakang yang tertutup rimbunan halaman depan rumah penduduk.

situasinya, memang sungai di kawasan Condet ibarat halaman belakang yang tertutup rimbunan halaman depan rumah penduduk. Karena posisi membelakan­gi itu jadi kepedulian pun tak terpupuk.

Sebelum mendirikan River Ranger, Harpi sudah bergabung dengan Komunitas Peduli Ciliwung. Hanya saja di tengah jalan ada kebijakan komunitas yang kurang sreg di mata Harpi. Ia pun keluar dari komunitas itu.

Pada 17 Juli 2017 ia mendirikan River Ranger Jakarta yang berbasis di Kelurahan Balekamban­g, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta

Timur, bersama Andriana. Mereka memilih anak-anak sekolah dasar dan sekolah menengah pertama sebagai target utama binaannya. “Dengan mengajari anak-anak, mereka akan menularkan­nya ke keluarga juga,” tutur Harpi.

Namun, jalan menuju ke situ tak lurus mulus. Harpi sendiri saat itu baru kembali ke Condet setelah beberapa lama tinggal di luar Condet. Sementara kondisi masyarakat saat itu kurang kondusif. “Saat sore hari, saya melihat pemandanga­n yang tidak enak. Orangtua kumpulkump­ul sambil berjudi sementara

anak-anak menonton. Itu tak bisa ditolelir. Anak belum bisa membedakan mana yang benar mana yang salah,” kata Harpi.

Karena tak ingin menimbulka­n masalah dengan langsung menegur perilaku itu, Harpi pun mencoba jalan kesabaran. Dalam benaknya, anak-anak bisa diajak untuk belajar pengetahua­n baru. Mereka pun bisa teralihkan dengan “racun judi” di sekitarnya.

Namun itu tak menyelesai­kan masalah sebenarnya. Bagaimana menghilang­kan kebiasaan buruk para orangtua itu?

Harpi pun ikut nongkrong bersama orangtua itu selama sekitar tiga bulan. Ia mempelajar­i kebiasaan-kebiasaan mereka. Setelah diterima, ia pun mengutarak­an niatnya untuk membentuk River Ranger.

“Saya minta izin ke salah satu warga yang dituakan. Ternyata responnya positif. Ya sudah saya kemudian jalan. Ternyata mereka mendukung,” kata Harpi yang akhirnya mencoba membuka kelas belajar bahasa Inggris dengan mengganden­g Andriana yang dikenalnya di komunitas peduli Ciliwung untuk mengajar.

Belajar bersama di salah satu ruang milik penduduk menjadi pintu untuk menanamkan misi River Ranger. “Bukan untuk membersihk­an lingkungan, tapi menyadarka­n bahwa sampah itu berbahaya bagi lingkungan. Bukan untuk manusia saja, tapi juga

“Bukan untuk membersihk­an lingkungan, tapi menyadarka­n bahwa sampah itu berbahaya bagi lingkungan. Bukan untuk manusia saja, tapi juga makhluk hidup lain.”

makhluk hidup lain.”

Berakhir dengan ecobrick

Betapa tak berdayanya kita untuk membersihk­an sampah bisa disimak dari upaya Bebersih Bareng yang dilakukan River Ranger. Kegiatan bulanan ini adalah mengumpulk­an sampah yang terdampar di bantaran Sungai Ciliwung tak jauh dari kebun salak milik Pemda DKI Jakarta. Di lahan seluas sekitar 750 meter persegi itu bisa terkumpul sampah sebanyak

7 – 10 kantung plastik berukuran 80 x 100 cm.

Tak hanya bebersih bantaran, mereka juga menaburkan ikan ke sungai. Ada ikan patin dan ikan gabus. Ini untuk menyeimban­gkan ekosistem sungai. Sore itu, dari pinggiran sungai terlihat banyak ikan-ikan berlompata­n. “Itu ikan sapu-sapu. Paling bisa bertahan di

air yang tercemar. Tapi sekaligus merusak dinding sungai karena bikin lubang-lubang,” kata Harpi sambil menunjuk pada lubangluba­ng besar di dinding seberang sungai.

Jika pada awalnya sampahsamp­ah itu didaur ulang, kini dijadikan bahan ecobrick. Bata ramah lingkungan. “Soalnya kalau didaur ulang, ada kemungkina­n nanti akan menjadi sampah lagi. Terlebih kebanyakan sampah yang ada adalah sampah plastik yang relatif susah didaur ulang,” terang Harpi.

Meski berembel-embel batu bata, ecobrick yang merupakan penggabung­an kata ‘ eco’ dan ‘ brick’, bukanlah seperti batu bata dalam bayangan kita. Berbentuk kotak persegi. Namun, ecobrick memang bertujuan sebagai pengganti batu bata konvension­al untuk membuat bahan bangunan seperti sekolah dan rumah. Seiring berkembang­nya kreativita­s para pemerhati lingkungan saat mengolah limbah plastik dengan metode ecobrick, hasil daur ulang tersebut bisa dimanfaatk­an pula untuk membuat barang bermanfaat lainnya, seperti bangku, meja, perabotan indoor, ruang kebun, dan pagar rumah.

Ecobrick dibuat dari potongan

potongan kecil sampah plastik seperti kemasan makanan atau minuman, stryofoam, sedotan, dan tali plastik yang dimasukkan ke dalam botol plastik kemasan

600 ml. Tentu saja plastik-plastik itu dibersihka­n sebelumnya. Agar bentuk ecobrick nyeni, tentukan warna bagian bawah botol. Soalnya, saat digunakan, bagian bawah ini kemungkina­n besar yang akan tampak. Agar jadi bata, potonganpo­tongan tadi harus dipadatkan menggunaka­n kayu atau tongkat.

“Berat ideal ecobrick adalah antara 200 dan 250 gram. Maka, perlu ditimbang. Ecobrick yang sempurna, saat ditekan tidak mengeluark­an suara dan tidak kempes,” kata Harpi.

Karena menjadi solusi tuntas itu, River Ranger pun lebih memilih cara ini. Mereka pun turut menyebarka­n pembuatan ecobrick melalui beberapa workshop. Salah satunya saat ada acara pameran flora di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Lewat cara-cara seperti itu dan mendidik anak-anak untuk peduli dengan sampah plastik, River Ranger mencoba mengirim pesan bahwa, “Bumi ini warisan, bukan titipan,” Harpi menutup perjumpaan kami di kebun salak Astawana, Condet, Jakarta Timur.

River Ranger mencoba mengirim pesan bahwa, “Bumi ini warisan, bukan titipan,”

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Kawasan kebun salak Astawana menjadi kelas terbuka bagi anggota River Rangers.
Kawasan kebun salak Astawana menjadi kelas terbuka bagi anggota River Rangers.
 ??  ?? Pembuatan ecobrick menjadi salah satu cara River Rangers mengolah sampah plastik.
Pembuatan ecobrick menjadi salah satu cara River Rangers mengolah sampah plastik.
 ??  ?? Di salah satu ruangan rumah penduduk, kegiatan menanamkan pola hidup antiplasti­k pun ditularkan.
Di salah satu ruangan rumah penduduk, kegiatan menanamkan pola hidup antiplasti­k pun ditularkan.
 ??  ?? Anak-anak tak melulu diajarkan soal lingkungan, tetapi juga bahasa dan fotografi.
Anak-anak tak melulu diajarkan soal lingkungan, tetapi juga bahasa dan fotografi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia