Intisari

Sang Perawat Bangku Rotan Gereja

- Teks dan foto : Muhammad Rifqi Riyanto

Di tengah keheningan suasana Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga atau biasa dikenal sebagai Gereja Katedral Jakarta, siang itu, beberapa orang tampak duduk berdoa, sementara para wisatawan berkelilin­g untuk berfoto di tempat ibadah yang bersejarah itu. Deretan kursi kayu tua berbahan anyaman rotan berjajar di lambung gereja.

Dinding-dinding kokoh dengan ornamennya, altar suci, orgel tua tahun 1988 buatan Belgia, dan berbagai barang yang masih asli sejak gereja dibangun harus diperhatik­an agar tidak rusak. Tak terkecuali kursi-kursi kayu jati tempat duduk para jemaat. Dari sekian banyak barang, deretan kursi tersebutla­h yang justru lebih membutuhka­n perhatian dan perawatan khusus. Kedatangan

jemaat setiap hari, membuat bagian rotan dari kursi rentan kerusakan.

Kondisi ini tentu tidak dibiarkan begitu saja. Samin, pria 72 tahun, sigap memperbaik­inya. Jari jemari lincah Samin dengan cekatan merangkai rotan-rotan kecil untuk memperbaik­i sandaran dan alas duduk kursi.

Mula-mula, ruas rotan yang rusak dibongkar. Lalu, dengan bahan rotan Palembang yang baru, Samin menganyam ulang satu ruas untuk sandaran serta dudukan. Untuk setiap ruas sandaran dan dudukan butuh satu kilogram rotan. Proses penganyama­n makan waktu sampai tiga hari untuk setiap ruas.

Samin menganyam hingga sore. Pukul 19.00 biasanya ia baru sampai di rumah. Rutinitas ini setia ia lakukan di

Menjelang sore, Samin membenahi kembali kursi yang anyamannya sudah direparasi, sambil menyapu bekas-bekas potongan rotan di lantai. Dengan anyaman yang baru dan empuk, Samin berharap setiap jemaat dapat duduk dan berdoa dengan khusyuk.

 ??  ??
 ??  ?? Samin (72) merajut anyaman kursi jemaat di Gereja Katedral. Jakarta.
Samin (72) merajut anyaman kursi jemaat di Gereja Katedral. Jakarta.
 ??  ?? Gulungan-gulungan rotan siap menggantik­an rotan tua yang rusak.
Gulungan-gulungan rotan siap menggantik­an rotan tua yang rusak.
 ??  ?? Peralatan kerja sederhana menjadi teman yang setia.
Peralatan kerja sederhana menjadi teman yang setia.
 ??  ??
 ??  ?? Dari atas searah jarum jam : Usia senja tak menghalang­inya untuk tetap bekerja dengan upah Rp350.000 untuk satu ruas rotan. Hening dan berkonsent­rasi terhadap pekerjaan yang ditekuni sejak usia muda. Untuk setiap ruas dudukan dan sandaran diperlukan sekitar 1 kg rotan.
Dari atas searah jarum jam : Usia senja tak menghalang­inya untuk tetap bekerja dengan upah Rp350.000 untuk satu ruas rotan. Hening dan berkonsent­rasi terhadap pekerjaan yang ditekuni sejak usia muda. Untuk setiap ruas dudukan dan sandaran diperlukan sekitar 1 kg rotan.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Sudah terbiasa menjadi objek foto para wisatawan yang berkunjung ke Gereja Katedral Jakarta
Sudah terbiasa menjadi objek foto para wisatawan yang berkunjung ke Gereja Katedral Jakarta

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia