Jawa Pos

Kembangkan Buah Naga

-

KABUPATEN Mempawah merupakan salah satu lumbung pertanian dan perkebunan di Kalbar. Hal itu terbukti dengan banyaknya lahan sawah yang tersebar dari wilayah utara hingga timur Mempawah. Untuk perkebunan, pemerintah memberdaya­kan hasil kebun warga secara optimal, seperti buah kelapa, pisang nipah, pepaya, dan buah naga.

Kelapa saat ini menjadi komoditas ekonomi warga. Bupati Ria Norsan berhasil mendatangk­an sejumlah investor untuk membangun pabrik pengolahan kelapa di Desa Nusapati.

”Nilai kelapa yang selama ini rendah bisa didongkrak dengan adanya pabrik tersebut. Bahkan, saya sampaikan kepada perusahaan agar mempriorit­askan buah milik warga Kabupaten Mempawah. Belum lagi pekerjanya yang didominasi warga sekitar,” kata bupati.

Tidak hanya sampai di situ. Dalam sektor perkebunan, Kabupaten Mempawah sedang mengembang­kan buah naga sebagai salah satu komoditas unggulan. Lebih dari 300 hektare lahan dimanfaatk­an masyarakat, baik dalam bentuk kelompok maupun perorangan.

”Sebelumnya, kami mengutus 150 orang untuk mengikuti pelatihan di Jogjakarta. Setelah itu, mereka menerapkan di wilayah masing-masing. Saat ini produksiny­a berjalan lancar dan menghasilk­an kualitas buah yang bagus,” kata Norsan.

Buah naga Mempawah sudah dijual di swalayan dan pasar tradisiona­l di Kalbar. Bahkan, dipasarkan sampai ke Jakarta. ”Buah naga asal Mempawah tidak kalah dengan yang ada selama ini. Buahnya manis, merahnya pekat, dan tidak berbau,” ungkapnya. (wah/c6/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia