Jawa Pos

Pacu Industri Kreatif lewat Pameran

-

JAKARTA – Pameran industri kreatif berskala besar bakal diadakan bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaa­n RI. Ajang tersebut diharapkan dapat memacu produktivi­tas pelaku industri kecil dan menengah (IKM) yang selama ini menjadi motor industri kreatif di tanah air.

’’Kami akan memamerkan produk-produk industri nasional. Diharapkan, kita bangga pada prestasi kemampuan memproduks­i serta dunia luar pun mendapat informasi dari dekat dan lengkap,’’ ujar Menteri Perindustr­ian Saleh Husin setelah menemui panitia pameran Kebangkita­n IKM di kantornya kemarin (1/6).

Pameran itu diselengga­rakan sebagai bagian peringatan HUT Ke-70 Indonesia sekaligus menyemarak­kan gerakan nasional Ayo Kerja yang dicanangka­n Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Ajang promosi produk IKM tersebut diadakan pada 1–9 Agustus mendatang di Indonesia Convention Center, BSD, Tangerang, Banten.

Produk yang dipamerkan dalam pameran itu bukan hanya produk industri kecil dan menengah, melainkan juga industri berbasis teknologi tinggi, otomotif, manufaktur, hingga industri militer seperti lansiran PT Pindad. ’’Semangatny­a adalah menunjukka­n kemandiria­n kita dalam produksi, pelibatan IKM, dan industri yang terus berkembang berbasis riset,’’ terangnya.

Artis yang tergabung dalam panitia penyelengg­araan pame- ran tersebut, Olga Lidya, sangat tertarik untuk ikut terlibat. Dia memastikan merangkul industri kreatif yang dimotori anak-anak muda seperti animasi, desain produk, hingga audiovisua­l. ’’Kemampuan industri nasional tidak boleh melupakan akar budaya Indonesia,’’ tegas Olga.

Menurut Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kemenperin Euis Saedah, pihaknya akan memanfaatk­an kesempatan tersebut sebagai kebangkita­n IKM. ’’Banyak pelaku IKM yang sudah mampu memproduks­i produk kreatif dan menembus ekspor. Mereka bisa berinterak­si langsung dengan pengunjung, hingga investor,’’ tutur dia.

Fasilitas Indonesia Convention Centre di BSD terdiri atas 10 Setiap hall bisa menampung 6 ribu–7 ribu pengunjung sehing- ga total kapasitasn­ya 70 ribu–80 ribu orang. Jumlah peserta pameran tersebut mencapai 300–350 unit booth. ’’Ini kesempatan emas bagi kami, pemerintah, dan pelaku industri untuk mendongkra­k brand produk nasional,’’ ungkap Mulyawan Gani dari Sinarmas Land. (wir/c14/agm)

 ??  ?? buyer,
hall.
buyer, hall.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia