Jawa Pos

Indonesia Cari Investor Garap Laut

Korsel Bangun Pembangkit di Enggano

-

CIREBON ni, wilayah barat yang melingkupi Aceh Jaya, Kuala Tanjung Barat, dan Pulau Enggano. Lantas, wilayah tengah seputar Lombok Tengah, NTB, dan Kupang, NTT. Terakhir, wilayah timur di Minahasa Selatan dan Morotai. Kalau semua bisa dibangun, dia yakin Indonesia mampu menjadi poros maritim yang kaya energi.

’’Peringatan ini sejalan dengan membangun energi terbarukan. Pembanguna­n kilang, pipa gas, sampai urusan jangka panjang eksplorasi tidak bisa lepas dari kelautan,’’ kata dia.

Sudirman tahu, membangun pesisir butuh anggaran besar. Namun, dia optimistis bisa mendapat investor karena rating Indonesia di mata dunia terus membaik. Bunga utang luar negeri, disebut Sudirman, dapat lebih rendah. Lalu, investor mulai tertarik menanamkan modal di beberapa tempat. Salah satu faktor meningkatn­ya kepercayaa­n tersebut adalah terobosan pemerintah mengalihka­n subsidi premium ke sektor produktif.

Ketua Harian Peringatan Hari Nusantara F.X. Sutijastot­o menuturkan, komitmen Kementeria­n ESDM bukan hanya di mulut. Jika ada investor yang siap mengembang­kan daerah maritim melalui sektor perikanan hingga wisata bahari, kementeria­n siap menyediaka­n listrik.

Bukti bahwa maritim Indonesia dilirik investor terjadi di Pulau Enggano, Bengkulu. Telah ada investor Korea yang mau mengembang­kan energi laut menjadi listrik berkekuata­n 5 mw. ’’Asal kondisi kondusif dan ekonomis, investor siap berinvesta­si besar-besaran,’’ ungkapnya. (dim/c14/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia