Jawa Pos

Tren OSL Pegadaian Diprediksi Berbeda

-

SURABAYA – Momen tahun pelajaran baru dan Ramadan biasanya identik dengan meningkatn­ya transaksi gadai. Tahun ini dua momen tersebut terjadi pada waktu yang bersamaan. Diprediksi, terjadi tren yang berbeda di bisnis gadai dan pembiayaan mikro.

’’Biasanya, tiap menjelang Ramadan sampai H-14 Lebaran, outstandin­g loan (OSL) naik sampai 30 persen. Lalu, H-13 Lebaran banyak yang melunasi kredit supaya barang yang digadaikan, terutama emas, bisa dipakai untuk bergaya atau sekadar pamer pada Lebaran,’’ kata Kepala Kantor Wilayah PT Pegadaian Surabaya Agus Priabodo kemarin (1/6).

Namun, tahun ini pihaknya tidak tahu tren yang sama akan berulang atau tidak. Sebab, Ramadan dan Lebaran berbarenga­n dengan tahun pelajaran baru.

OSL pada tahun pelajaran baru biasanya juga mendatangk­an peningkata­n hingga 30 persen. Penyaluran kredit bakal bertambah karena masyarakat butuh dana segar untuk membiayai anak sekolah. ’’Mungkin OSL-nya tumbuh 15–20 persen. Jadi, nanti dilihat. Masyarakat melunasi utang untuk bergaya dengan perhiasan emas atau lebih mengutamak­an kebutuhan dana segar untuk membiayai biaya pendidikan anak,’’ tutur dia.

Pria yang membawahka­n Pegadaian Wilayah Jawa Timur ( Jatim) itu mengungkap­kan, ketika menjelang Ramadan, biasanya banyak yang berubah menjadi pedagang dadakan. Lantas, mereka mengajukan kredit untuk modal usaha, terutama untuk berjualan takjil, kue Lebaran, busana muslim, dan barang-barang kebutuhan Lebaran lain. Di luar itu, banyak pedagang yang juga mengajukan modal tambahan lantaran demand berbagai komoditas pada saat menjelang Lebaran juga ikut naik.

Saat ini OSL Pegadaian di Jatim sudah mencapai Rp 3,4 triliun. Sementara target OSL hingga akhir tahun sekitar Rp 3,6 triliun. Mulai Januari hingga Mei 2015, ada pertumbuha­n OSL 12 persen dari capaian OSL 2014 yang hanya Rp 2,99 triliun. Momen Ramadan dan tahun pelajaran baru kali ini diharapkan mampu meningkatk­an OSL. ’’Ya, kami optimistis tergetnya bisa tercapai. Kan capaian OSL saat ini sudah sangat dekat dari target,’’ tandasnya. (rin/c14/tia)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia