Jawa Pos

Disidak Wawali, 15 PNS Bolos

-

TINGKAT kedisiplin­an pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Malang agaknya masih patut dipertanya­kan. Hal itu terungkap ketika Wakil Wali (Wawali) Sutiaji melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ruangan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Malang kemarin (1/6).

Sutiaji mengunjung­i dan memeriksa lima ruangan, yakni badan pengelola keuangan dan aset daerah (BPKAD), badan kepegawaia­n daerah (BKD), bagian pemerintah­an, satpol PP, dan bagian kerja sama. Hasilnya, dia mendapati 15 PNS yang membolos alias tidak masuk kerja. Selain itu, enam PNS diketahui sedang dinas luar.

Sidak tersebut sengaja dilakukan orang nomor dua di jajaran Pemkot Malang itu karena kemarin merupakan hari terjepit. Setelah libur Minggu (31/5), hari ini (2/6) PNS kembali libur karena bertepatan dengan Hari Raya Waisak yang merupakan hari libur nasional.

Dalam sidak kemarin, Sutiaji yang memasuki sejumlah ruang langsung menyalami sejumlah PNS. Setelah itu, dia menanyakan PNS yang tidak masuk kerja. ’’ Totalnya, saat saya sidak, yang tidak masuk 15 PNS,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Malang setelah sidak kemarin.

Dia menuturkan, tidak semua PNS tersebut tak masuk sehari penuh. Menurut dia, dari 15 PNS yang membolos itu, hanya lima orang yang tak masuk sehari penuh. ’’ Yang lain masuk saat pagi. Baru ketika saya sidak, mereka keluar dari tempat kerja karena alasan ada keperluan,’’ jelasnya.

Alasan yang diajukan pun beragam. Ada yang mengaku mengantar istri. Ada yang merasa sakit dan ada pula yang beralasan takziah. Selain itu, ada PNS yang hanya izin secara lisan kepada atasannya. ’’Saya minta agar surat izinnya sesuai dengan prosedur,’’ tegasnya. (riq/c23/dwi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia