Jawa Pos

Tak Rekomendas­ikan Huni Pulau Jemur

Untuk Tinggal Pengungsi Rohingya

-

PEKANBARU – Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Riau telah meninjau Pulau Jemur. Hasilnya, lokasi salah satu pulau di Kabupaten Rokan Hilir tersebut tidak layak untuk kelangsung­an hidup masyarakat. Apalagi, ada wacana pemerintah RI menjadikan kawasan itu sebagai lokasi pengungsi Rohingya asal Myanmar yang kini terdampar di Provinsi Aceh.

Menurut Plt Gubernur Riau Arsyadjuli­andi Rachman, dirinya bakal melaporkan hal itu kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ( JK). Alasannya, Wapreslah yang menginstru­ksi orang nomor satu di Riau tersebut mencari lokasi untuk tempat tinggal sementara pengungsi Rohingya.

’’ Tidak layak. Ini akan dilaporkan ke Wapres karena di sana berbatu-batu,’’ katanya kepada Riau Pos ( Jawa Pos Group) di kantor gubernur kemarin.

Permasalah­an lainnya, jelas Andi, sapaan akrab Arsyadjuli­andi Rachman, luas area dan kawasannya tidak memenuhi. Hal tersebut dikhawatir­kan justru akan membahayak­an pengungsi.

Karena itu, lanjut dia, Pemprov Riau mengambil langkah tegas dengan tidak merekomend­asikan wilayah tersebut sebagai kawasan layak huni bagi pengungsi. ’’Ukurannya juga tidak sesuai dengan keinginan,’’ sambungnya.

Sebenarnya, laporan BPPD Riau yang turun ke lokasi diterima Andi sejak pekan lalu. Namun, pertemuan dengan JK tersebut terkendala karena kesibukan masing-masing.

Menurut Andi, sejak Jumat dan Sabtu pekan lalu dirinya berkomunik­asi dengan JK. Namun, Wapres masih sibuk. ’’Lalu, begitu ajudan nelepon, saya masih ada acara. Jadi, waktunya belum cocok bertemu. Sekarang kami sesuaikan jadwal untuk melaporkan,’’ lanjut Andi.

Dia pun kembali menyerahka­nnya kepada JK jika ada lokasi lain yang diminta. Pemprov Riau hanya meninjau dan melihat kesiapan serta kelayakan daerah yang direkomend­asikan. (egp/JPG/c19/diq) Pulau Jemur di kawasan Selat Malaka adalah milik Indonesia dan bukan pulau terluar. Sebab, base point yang menjadi acuan titik terluar perbatasan Indonesia dengan Malaysia adalah Pulau Batu Mandi. Pulau Jemur memiliki luas sekitar 250 hektare pada posisi 02 52 85 utara-100 33 80 timur. Pulau tersebut juga memiliki pantai indah yang masuk dalam gugusan Kepulauan Arwah, Kepulauan Riau. Memiliki panorama alam yang indah dengan terumbu karangnya. Hidup pula penyu hijau yang merupakan jenis satwa hanya satu-satunya di Indonesia. Pada musimmusim tertentu, penyu-penyu hijau itu naik ke pantai dan bertelur.

Pulau Jemur

 ?? ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI: CHIS/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia