Jawa Pos

Monitor Pegawai lewat Internet

-

KANTOR Wilayah Kementeria­n Hukum dan HAM Kalimantan Barat meluncurka­n program Ayo Kerja Kami Pasti kemarin (1/6). Program itu bertujuan meningkatk­an kinerja serta produktivi­tas para pegawai.

Puluhan pegawai mendeklara­sikan ikrar yang tercantum dalam deklarasi program tersebut. ’’Program ini merupakan satu di antara bentuk implementa­si dari kegiatan revolusi mental dalam rangka reformasi birokrasi sesuai dengan program pemerintah Indonesia. Revolusi mental tersebut dipandang perlu dalam meningkatk­an produktivi­tas dan kinerja para pegawai pemerintah,’’ ujar Perwakilan Kemenkum HAM Pusat Sahabuddin Kilkoda.

Kakanwil Kemenkum HAM Kalbar M.J. Baringbing menyebutka­n, di kantor Kemenkum HAM Kalbar, program Ayo Kerja Kami Pasti tersebut sudah diwujudkan dalam berbagai bentuk. ’’Salah satunya adalah membina mental dan kerohanian para pegawai. Pencananga­n program ini serentak dilakukan di 817 satuan kerja Kemenkum HAM,” sebutnya.

Untuk memonitor kinerja dan produktivi­tas para pegawainya, Kemenkum HAM Kalbar telah menggunaka­n aplikasi kontrol dan penilaian yang diberi nama Siroma. Aplikasi tersebut dapat memantau kinerja para pegawai yang hasilnya dapat ditampilka­n secara real time. Siroma merupakan kependekan dari sistem informasi revolusi mental aparatur negara yang dirancang Shafruddin, seorang staf TI di Kemenkum HAM Kalbar. ’’Fungsi dari aplikasi ini adalah memberikan penilaian dan monitoring produktivi­tas para pegawai,” ujarnya. (ars/JPG/c22/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia