Jawa Pos

Bon Jovi Halal, Browsing Haram

-

SINGAPURA – Tim nasional U-23 mengawali kiprah di SEA Games 2015 Singapura dengan beban psikologis yang tidak ringan. Pada 30 Mei lalu, FIFA menjatuhka­n sanksi kepada PSSI.

Hari ini timnas memulai laga perdana di grup A melawan Myanmar di Jalan Besar Stadium, Kallang. Aji Santoso, pelatih kepala timnas, sadar betul bahwa pasukannya harus tenang untuk mendapat tiga poin.

Meski sudah berusaha bersikap kalem, Aji menyatakan bahwa dirinya dan pemainnya cukup nervous. Apalagi, Manahati Lestusen dkk bertekad untuk mempersemb­ahkan medali emas yang sudah lama dinanti-nanti.

’’Bohong kalau saya bilang saya tegang. Semua pelatih hebat di dunia itu pasti tegang ketika akan melakoni pertanding­an penting,’’ ungkapnya ketika ditemui di Stadion Jalan Besar kemarin (1/6).

Karena itu, Aji berusaha mengikis perasaan tersebut dengan mendengark­an musik. Menurut dia, dengan musik yang tepat, perasaanny­a sedikit lebih rileks.

Lantas, lagu apa yang biasanya didengarka­n? ’’Pop-rock,’’ ujarnya, kemudian tersenyum. Aji menyatakan, dirinya hanya bisa santai jika mendengark­an musik-musik seperti Bon Jovi maupun Guns n’ Roses.

’’Kalau mau pertanding­an, sebelum tidur biasanya saya menya- lakan laptop, kemudian memutar lagu itu semalaman penuh,’’ katanya, lantas tertawa. Aji juga merekomend­asikan musik itu kepada pemain. Namun, dia menegaskan tidak akan memaksakan seleranya. Sebab, mereka bebas untuk mendengark­an musik jenis apa pun. Tetapi, salah seorang kiri terbaik Indonesia itu melarang dengan keras jika ternyata ponsel pemain dipakai untuk berselanca­r alias browsing di dunia maya. Sebab, dengan reputasi sebagai pemain timnas, mereka memanggul

harapan rakyat Indonesia untuk dapat kembali meraih emas.

’’Mereka kan perlu konsentras­i ke pertanding­an. Jadi, mereka baru boleh chatting di BBM kalau pertanding­an selesai,’’ tegasnya.

Secara umum, pasukan Aji Santoso sudah siap menghadapi Myanmar. Untuk formasi, tidak akan ada perubahan. Artinya, skema 4-1-4-1 atau 4-2-3-1 tetap bisa dijalankan.

Namun, ada satu hal yang membuat pelatih asal Malang itu garukgaruk kepala. Yakni, Aji harus kembali melakukan beberapa perubahan penting komposisi, terutama di lini depan. Hal itu berkaitan dengan ditariknya pemain Persipura Ferinando Pahabol dari timnas atas permintaan timnya.

Posisi Pahabol akan digantikan Yandi Sofyan atau Muchlis Hadi N Ning Syaifulloh.

(*/c19/nur)

 ?? GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS ??
GRAFIS: BUDIONO/JAWA POS
 ??  ?? nggak
nggak
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? fullback
fullback
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia