Jawa Pos

RPH Surya Jaya Digandeng Pemprov DKI

-

SURABAYA – Tidak semua rumah potong hewan (RPH) di Surabaya menjalanka­n bisnisnya secara konvension­al. Ada pula RPH yang dijalankan dengan cara modern. Salah satunya, RPH Surya Jaya, Surabaya. RPH di Tandes itu bahkan dipercaya Pemprov DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan daging pada musim Lebaran tahun ini. Tidak tanggungta­nggung, mereka diminta memproduks­i sekitar 100 ton daging sapi untuk paket Lebaran di ibu kota.

Direktur Utama PT Abattoir Surya Jaya selaku pengelola RPH Tamadoy Thamrin menganggap permintaan Pemprov DKI Jakarta itu sebagai peluang bagus. Dia yakin mampu memenuhi permintaan tersebut. ’’Kualitas daging kami tidak kalah dengan daging dari Australia,’’ katanya. RPH itu bahkan mampu memproduks­i daging beku untuk kebutuhan hotel, restoran, dan katering.

Berdasar data yang diterima, permintaan dan penawaran daging pada musim puasa dan Lebaran tidak seimbang. Akibatnya, daging yang semula Rp 85 ribu per kilogram naik menjadi Rp 100 ribu per kilogram. Agar harganya stabil, Pemprov DKI menambah stok daging lokal. Penambahan diambil dari beberapa RPH di Indonesia. Salah satunya, Jawa Timur.

Saat ini RPH Surya Jaya menambah pengadaan sapi lokal untuk kebutuhan suplai DKI Jakarta. Sapi itu didapat dari Kabupaten Ngawi, Nganjuk, Jombang, serta Kediri.

Pria yang akrab disapa Doy tersebut memberi apresiasi positif terhadap program Pemprov DKI Jakarta itu.

Bagaimana dengan Pemprov Jatim? Doy mengungkap­kan, hingga kini belum ada permintaan dari Pemprov Jatim. Namun, jika Gubernur Soekarwo meminta, dia menyatakan siap memenuhi. ’’Program ini kan mampu mencegah melambungn­ya harga daging. Jadi, masyarakat sangat diuntungka­n,’’ tandasnya. (riq/c20/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia