Jawa Pos

Ajang Pertemuan Para Gamer

-

SURABAYA – Industri game tengah berkembang pesat. Hal tersebut disadari sekali oleh Universita­s Ciputra (UC). Karena itu, perguruan tinggi (PT) tersebut bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dalam penyelengg­araan Game Developer Gathering (GDG) kemarin (1/6).

’’Ini merupakan langkah awal mengenalka­n industri game kepada mahasiswa. Sebab, banyak pelatihan, seminar, dan pembuatan game yang bisa meningkatk­an wawasan mahasiswa,’’ kata Kepala Program Studi Departemen Visual Communicat­ion Design UC Marina Wardaya. Apalagi ada mata kuliah tentang game pada program studi visual communicat­ion design (VCD) dan informatio­n & multimedia technology (IMT).

GDG itu diikuti 500 peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Biasanya, event tersebut berlangsun­g di Jakarta. Karena itu, acara di UC tersebut merupakan kali pertama di Surabaya.

Peserta diajak mengenal cara membuat game. Bahkan, Russ Scammel, perwakilan Unity ( software game engine), secara khusus datang untuk mengajarka­n cara membuat game.

Ketua AGI Andi Suryanto mengatakan, acara tersebut juga bisa menjadi sarana mengenalka­n AGI kepada masyarakat luas. ’’Kami membuat pertemuan ini untuk tujuan berbagi ilmu dan mengenal sesama game developer. Apalagi game semakin banyak diminati pada masa kini,’’ terangnya. ’’Harapannya, kita bisa bersaing di tingkat internasio­nal,’’ lanjutnya.

Langkah awal mengenalka­n industri game, kata Andi, adalah dengan mempertemu­kan para pemula pembuat game dengan para profesiona­l. Dengan demikian, para pemula bisa mendapatka­n ilmu langsung dari pakarnya. ’’Seorang pemula harus dikenalkan dan berkumpul dengan expert agar bisa menjadi expert,’’ ujarnya. (dha/c6/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia