Jawa Pos

3.063 Siswa Bertarung di Kota Delta

-

SIDOARJO – Mettiu Divon Candra, siswa SMP Kristen Kalam Kudus, Malang, tampil percaya diri saat bercerita dengan menggunaka­n bahasa Inggris di hadapan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf dan ribuan orang yang memenuhi Hall Madinah, Hotel Utami, Juanda, kemarin (1/6). Divon yang duduk di kelas IX itu mengungkap­kan cerita bertema foto selfie.

Menurut Divon, saat ini banyak orang yang suka berfoto selfie. Mulai yang muda sampai yang usianya sudah di atas 70 tahun. ’’Termasuk, Pak Wagub juga senang foto ( selfie, Red),’’ candanya, lantas menghampir­i Saifullah Yusuf untuk menyalami.

Begitulah penampilan Divon dalam acara pembukaan dua event penting tingkat Jatim. Yakni, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) serta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP dan SMA. Dia pun merupakan juara pertama lomba telling story FLS2N tingkat nasional tahun lalu.

Peserta FLS2N dan O2SN untuk tingkat SMP dan SMA tersebut diikuti total 3.063 peserta dari 38 kabupaten se-Jatim. Tahun ini Sidoarjo menjadi tuan rumah penyelengg­araannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Kadispendi­kbud) Jatim Saiful Rachman menjelaska­n bahwa itu merupakan kali kesembilan penyelengg­araan FLS2N dan O2SN. ’’Untuk tingkat nasional, kita (Jatim, Red) sudah menjadi juara umum sebanyak tujuh kali. Tahun ini kita harus jadi juara umum lagi,’’ tegasnya.

Acara itu digelar hingga 7 Juni. Untuk O2SN, ada tujuh cabang olahraga yang dilombakan. Yakni, renang, bola voli, bulu tangkis, karate, pencak silat, catur, dan tenis meja. ’’Kami sudah menyiapkan juri dan wasit yang benar-benar fair,’’ katanya.

Saifullah Yusuf berharap para peserta bersungguh­sungguh dalam bertanding. ’’Kalah dan menang sudah biasa. Siswa yang terampil sangat dibutuhkan negara,’’ tandasnya. (hen/c20/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia