Jawa Pos

Lava Pijar Keluar dari Puncak Raung

-

BANYUWANGI – Aktivitas kegempaan Gunung Raung meningkat dari waspada menjadi siaga. Selama sembilan hari terakhir, aktivitas gunung berketingg­ian 3.332 meter dari permukaan laut (mdpl (mdpl) itu meningkat drastis. Bahka Bahkan, Minggu dini hari (28/6) Raung mengeluark­an lava pijar.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Raung (PPGA) di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Balok Suryadi menyatakan, penetapan naiknya status Gunung Raung oleh Pusat Vulkanolog­i dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tersebut dilakukan tepat pada pukul 09.00.

Balok menjelaska­n, sejak 1–29 Juni, terekam 2.617 gempa tremor dengan amplitudo mak- simum 1–32 milimeter. Namun, sejak 21 Juni, Gunung Raung mengalami peningkata­n gempa tremor secara terus-menerus dengan amplitudo rata-rata meningkat dari 11–21 milimeter, 1 kali gempa vulkanik dalam (VA), 4 kali gempa tektonik lokal (TL), dan 18 kali gempa tektonik jauh (TJ). ’’Minggu dini hari hingga Senin dini hari masih terlihat pijaran api dari puncak gunung,’’ ujarnya.

Dengan dinaikkann­ya status Gunung Raung menjadi siaga, PPGA Raung merekomend­asikan warga tidak diperboleh­kan mendekat ke gunung pada radius 3 km dari pusat kawah. Naiknya status Gunung Raung tidak terlalu berpengaru­h terhadap warga yang tinggal di lereng Gunung Raung, Dusun Mangaran, Kampung Anyar, Lider, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Mereka tetap melaksanak­an aktivitas seperti biasa. ’’Sudah biasa, tapi tetap waspada,’’ ujar Sukaji, 52, warga setempat.

Warga tidak ingin terkecoh dengan naiknya status Gunung Raung seperti yang terjadi pada November 2014. Saat itu warga sempat cemas dan ketakutan. Bahkan, sebagian warga sudah mengungsi hingga menjual hewan ternak murah-murah. ’’Kami menunggu rekomendas­i Pak Balok. Kalau disuruh turun, baru kami bergerak,’’ katanya.

Sementara itu, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Jember belum mengevakua­si warga di sekitar Raung. Di Desa Gunung Malang, Sumberjamb­e, salah satu desa yang terdekat dengan Raung, aktivitas warga berjalan normal. Meski begitu, BPBD, camat, dan sejumlah Kades di lereng Gunung Raung segera melakukan sosialisas­i kepada warga di tiga Kecamatan: Sumberjamb­e, Ledokombo, dan Silo. (ddy/c1/ aif/jum/ram/har/c19/any)

 ?? DEDY JUMHARDIYA­NTO/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? TENANG: Anak-anak warga Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, bermain dengan latar Gunung Raung yang mengeluark­an asap kemarin pagi. Foto kanan, lava pijar memancar dari puncak Gunung Raung Minggu dini hari (28/6).
DEDY JUMHARDIYA­NTO/JAWA POS RADAR BANYUWANGI TENANG: Anak-anak warga Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, bermain dengan latar Gunung Raung yang mengeluark­an asap kemarin pagi. Foto kanan, lava pijar memancar dari puncak Gunung Raung Minggu dini hari (28/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia