Jawa Pos

Jara Kena Sanksi dan Denda

-

KEPUTUSAN tegas akhirnya diambil Komisi Disiplin Konfederas­i Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) terkait dengan provokasi cabul yang dilakukan Gonzalo Jara kepada Edinson Cavani. Kemarin (29/6) Conmebol resmi memberikan dobel sanksi untuk bek Cile tersebut.

Sanksi pertama, Jara dilarang memperkuat La Roja –julukan timnas Cile– dalam tiga pertanding­an. Terhitung mulai semifinal menghadapi Peru di Estadio Nacional, Santiago, pagi ini WIB. Artinya, Jara akan absen jika Cile melaju ke final atau perebutan tempat ketiga.

Jara juga harus absen ketika Cile menjalani pertanding­an pertama kualifikas­i Piala Dunia 2018 seusai Copa America 2015. Kualifikas­i Piala Dunia 2018 zona Conmebol baru mulai bergulir pada 5 Oktober mendatang.

Selain sanksi larangan bermain, Jara dikenai denda USD 7.500 atau senilai Rp 99,79 juta. Conmebol mengetok dua sanksi tersebut setelah melakukan investigas­i yang dimulai dari laporan keberatan dari Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF).

Kalau keluhan AUF sudah diketok, tidak demikian halnya dengan komplain yang diajukan Federasi Sepak Bola Cile (ANFP). ANFP mengajukan nota keberatan kepada Conmebol terkait dengan ulah pemain Uruguay selama Copa America 2015

Namun, Conmebol belum memberikan keputusan. Di sisi lain, ada fakta baru di balik provokasi colek pantat ala bek berusia 28 tahun itu. Di saat mencolek pantat Cavani, ternyata mulut Jara ikut beraksi. Pemain yang sudah dilepas Mainz 05 gara-gara kejadian memalukan tersebut ternyata juga melontarka­n kata- kata yang memancing emosi Cavani.

Dikutip dari Goal, salah seorang staf pelatih di timnas Uruguay, Mario Rebollo, mengungkap­kan bahwa Jara sempat mengejek Cavani. Itu terkait dengan kejadian nahas yang dialami ayah Cavani, Luis Cavani, sebelum pertanding­an. Luis yang mengendara­i truk menabrak seorang pengendara roda dua.

Rebollo menyebutka­n, Jara mengatakan kepada Cavani bahwa ayahnya akan dipenjara 20 tahun karena insiden yang menewaskan sang pengendara roda dua itu. ’’Jadi, tidak hanya menyentuh pantat Cavani seperti yang kita lihat dalam gambar, dia juga mengatakan sesuatu yang terjadi se belumnya yang dialami ayah Cavani,’’ tutur Rebollo kepada Radio Hora 25. (ren/c23/ttg)

 ?? REUTERS/MARCOS BRINDICCI ?? INSPIRASI LUKISAN: Seniman jalanan melukiskan insiden yang melibatkan Gonzalo Jara dan Edinson Cavani di Santiago (28/6).
REUTERS/MARCOS BRINDICCI INSPIRASI LUKISAN: Seniman jalanan melukiskan insiden yang melibatkan Gonzalo Jara dan Edinson Cavani di Santiago (28/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia