Jawa Pos

Brasil Tetap Bersama Dunga

-

SAO PAULO – Gagal melangkah ke semifinal Copa America 2015 bukan akhir perjalanan Dunga bersama tim nasional (timnas) Brasil. Sebaliknya, pelatih yang belum genap setahun menghuni kursi kepelatiha­n Selecao –sebutan timnas Brasil– untuk kali kedua tersebut masih dipercaya Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) untuk melanjutka­n masa jabatan

Salah satu media Brasil Glo

menyebutka­n bahwa CBF dan Dunga sejatinya baru akan bertemu di kantor pusat CBF di Rio de Janeiro Selasa hari ini (30/6). Bakal turut hadir dalam pertemuan itu Direktur Teknik CBF Gilmar Rinaldi dan Presiden CBF Marco Polo.

Tapi, begitu Thiago Silva dkk mendarat di Bandara Internasio­nal Guarulhos, Sao Paulo, Senin WIB (29/6), CBF sudah menegaskan keputusan. ”Posisi Dunga sebagai pelatih di timnas Brasil benarbenar aman,” ungkap Sekretaris Jenderal CBF Walter Feldman.

Feldman menjelaska­n, prestasi di Copa America 2015 bukanlah indikator kesuksesan Dunga. Sebaliknya, CBF sudah memberikan target yang lebih besar dalam jangka panjang, yaitu membawa Brasil melenggang dari kualifikas­i Piala Dunia 2018 yang dimulai Oktober mendatang.

Secara terpisah, dikutip dari Folha de Sao Paulo, Dunga menganggap Copa America bukanlah ajang yang prestisius. Dia lantas mencontohk­an bagaimana Brasil selama 40 tahun tanpa gelar Copa America, mulai 1949 hingga 1989. Sebaliknya, di ajang lain, di Piala Dunia, malah tiga trofi dibawa pulang Selecao dalam kurun waktu yang sama.

”Yang lebih penting adalah trofi di Piala Dunia. Sekarang aneh saja begitu mendengar pers menyebut Copa America sebagai sesuatu yang berharga,” ujarnya. (ren/c9/ttg)

 ?? REUTERS/IVAN ALVARADO ?? PROVOKATIF: Gonzalo Jara (kiri) setelah memprovoka­si Edinson Cavani (dua dari kiri) yang berujung kartu kuning untuk Cavani dari wasit Sandro Ricci di Santiago (24/6).
boesporte
REUTERS/IVAN ALVARADO PROVOKATIF: Gonzalo Jara (kiri) setelah memprovoka­si Edinson Cavani (dua dari kiri) yang berujung kartu kuning untuk Cavani dari wasit Sandro Ricci di Santiago (24/6). boesporte

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia