Jawa Pos

Pulihkan Reputasi

-

BANYUWANGI – Belum genap satu bulan Aji Santoso menerima nasib pahit gagal mengantark­an timnas U-23 meraih medali emas di SEA Games Singapura 2015. Kini, Aji Santoso mengembali­kan reputasiny­a sebagai pelatih dalam tim Bhinneka All Star yang merupakan kumpulan pemain-pemain timnas U-23.

Ya, malam nanti Bhinneka All Star menghadapi tuan rumah Persewangi Banyuwangi dalam laga perdana Sunrise of Java Cup di Stadion Diponegoro. ’’Dari sejumlah evaluasi, memang masih banyak celah di sektor pertahanan anak-anak. Saya melihat ada sedikit celah di sana, terutama masalah komunikasi,” ujar Aji. ”Dan, kami sudah memperbaik­i itu secara perlahan dalam dua latihan terakhir. Saya berharap apa yang sudah kami ajarkan bisa dipraktikk­an dalam pertanding­an,” ungkapnya.

Pelatih asal Malang, Jawa Timur, itu juga menegaskan bahwa para pemainnya membawa beban moral yang tidak ringan. ”Karena image yang mereka pikul adalah nama besar timnas. Sudah tentu, mereka dituntut untuk bermain bagus dan selalu menang,’’ katanya.

Karena itu, Aji berencana tetap menggunaka­n formasi 4-1-4-1 saat melawan Persewangi. M. Natshir tetap dipercaya sebagai kiper. Kemudian, ada Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Putu Gede, Vava Mario Zagalo di sektor pertahanan. Sementara itu, Adam Alis akan dioperasik­an sebagai perantara lini tengah dan belakang.

Nah, sebagai dapur serangan di lini tengah, ada Paulo Sitanggang, Evan Dimas, Zulfiandi, serta Fandi Eko Utomo. Empat pemain tersebut harus bahu-membahu untuk memanjakan Muchlis Hadi Ning yang ditugaskan sebagai striker tunggal. ’’Saya sudah bilang kepada anak-anak bahwa mereka harus bermain karena materi tim tuan rumah juga pemain hebat-hebat dan banyak pemain profesiona­l,” jelas Aji.

Di sisi lain, Persewangi All Star bertekad meraih kemenangan. Sebab, raihan tiga angka bisa menjadi modal berharga dalam dua laga berikutnya menghadapi Bali United Pusam FC dan Arema Cronus.

Target meraih angka penuh memang tidak mudah. Tetapi, Persewangi All Star lebih memahami faktor teknis lapangan jika dibandingk­an dengan tim lawan. Apalagi, materi pemain yang menghuni Persewangi­g All Star tidak main-main. Sederet pemai pemain yang berkiprah di ISL bergabung dal dalam tim. Ada trio Persebaya dalam tim Persewangi All Star, yakni Erick Djemba-Djemba, Slamet Nur Cahyo, dan Oktavio Dutra. Belum lagi striker Persegres, Yusuf Efendi, bisa diandalkan d dalam urusan mencetak gol. Y Yang pasti, Persewangi All Star ingin menunjukka­n permainan cantik dalam laga nanti. Dengan demikian, publik yang menyaksika­n laga tersebut bisa menikmati. ’’Kita sudah siap menang,” ungkap Imam Hambali, pelatih Persewangi.

Imam Hambali pernah satu tim dengan Aji Santoso di Arema. Tetapi, kali ini keduanya akan bentrok di atas lapangan. ’’Kita memang bersahabat sudah lama. Tapi, di lapangan dia lawan. Kita tidak bisa diatur,” tegasnya. (dik/ton/aif/JPNN/c6/ko)

12- M. Natshir (pg), 3- Abduh Lestaluhu, 16-Putu Gede, 13-Manahati Lestusen, 23-Vava Mario; 18-Adam Alis; 17-Paulo Sitanggang, 6-Evan Dimas, 19-Zulfiandi, 24-Fandi Eko Utomo: 9-Muchlis Hadi Ning

Aji Santoso

Persewangi

Arema Cronus

Bhineka All Star (4-1-41): Pelatih:

JADWAL SUNRISE OF JAVA CUP

Selasa 30 Juni

vs Bhinneka All Star (21.00)

vs

Bhinneka All Star vs

Bali United (21.00)

Arema Cronus (21.00)

Rabu 1 Juli

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? ANDALAN: Evan Dimas bakal menjadi salah satu tumpuan tim Bhinneka All Star saat menghadapi Persewangi dalam pertanding­an Sunrise of Java Cup di Stadion Diponegoro malam nanti.
ngotot
WAHYUDIN/JAWA POS ANDALAN: Evan Dimas bakal menjadi salah satu tumpuan tim Bhinneka All Star saat menghadapi Persewangi dalam pertanding­an Sunrise of Java Cup di Stadion Diponegoro malam nanti. ngotot
 ?? FARID FANDI/JAWA POS ?? BENTENG: Otavio Dutra siap menangkal serbuan pemain Bhinneka All Star.
FARID FANDI/JAWA POS BENTENG: Otavio Dutra siap menangkal serbuan pemain Bhinneka All Star.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia