Jawa Pos

Menpora Tawarkan Pengobatan Gratis untuk Alfin

-

JAKARTA – Simpati terhadap Alfin Tuasalamon­y terus mengalir. Kali ini simpati datang dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Menteri asal Bangkalan itu menawarkan Alfin untuk menjalani perawatan gratis di Rumah Sakit Olahraga Nasional, Cibubur, Jakarta Timur.

’’Kami telah menawarkan perawatan medis bagi Alfin di Rumah Sakit Olahraga di Cibubur,’’ kata dia kemarin (29/6). ’’Kami sedang usahakan agar semua biaya pengobatan Alfin di sana juga free charge,’’ lanjutnya.

Menurut Nahrawi, kebijakan tersebut tidak hanya diperuntuk­kan bagi Alfin, namun juga bagi semua atlet nasional yang membela Merah Putih di SEA Games Singapura pertengaha­n Juni lalu. Alasannya, para atlet itu adalah aset negara yang harus dijaga.

’’Bukan atlet yang masih sehat dan berprestas­i saja yang harus mendapat perhatian. Namun, mereka yang sedang sakit dan cedera pun harus memperoleh perhatian secara manusiawi,’’ ujarnya. ’’Intinya, kasus Alfin ini akan menjadi pintu masuk bagi kami untuk memberikan perhatian khusus kepada atlet-atlet nasional,’’ tutur Nahrawi.

Mendengar pernyataan Menpora tersebut, Alfin langsung terharu. Sebab, itulah perhatian dari negara yang sudah lama dia nantikan. Apalagi, selama ini tabungan pemain asal Tulehu, Maluku Tengah, tersebut telah terkuras habis untuk menjalani sejumlah operasi penyambung­an tulang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusu­mo, Jakarta, awal Mei lalu.

’’Tapi, saya belum bisa memutuskan untuk menerima atau menolak tawaran menteri. Sebab, saya harus mendiskusi­kan masalah ini dengan rekanrekan saya sesama pemain. Selama ini mereka sudah berusaha mengum- pulkan dana bagi saya,’’ ucap Alfin.

’’Mereka juga telah melakukan perjanjian dengan sejumlah dokter yang siap mengoperas­i kaki saya. Jadi, saya akan meminta pertimbang­an mereka sebelum ambil sikap,’’ tambahnya. Pada Minggu (28/6), sejumlah pemain profesiona­l mengadakan pertanding­an amal dengan tagline ’’Alfin Bisa’’ untuk mengumpulk­an dana bagi Alfin.

Sebagaiman­a diketahui, Alfin adalah pemain Persija Jakarta yang diproyeksi­kan memperkuat Indonesia di SEA Games Singapura lalu. Namun, nahas menimpa Alfin. Sebulan sebelum SEA Games diselengga­rakan, dia terpaksa menghabisk­an waktu di rumah sakit setelah kaki kirinya patah karena diseruduk mobil.

Di sisi lain, Direktur Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Dr dr Basuki Supartono SpOT FICS MARS membenarka­n kabar yang beredar. Pada dasarnya, RSON siap untuk diminta membantu penyembuha­n Alfin. ”Tadi (kemarin, Red) saya dapat SMS dari Pak Joko Pekik (deputi IV Kemenpora, Red) untuk diminta membantu Alfin,” katanya ketika dikonfirma­si Jawa Pos kemarin.

Status Alfin yang sudah dioperasi dan dipasangi pen dua pekan lalu juga menjadi perhatian Basuki. Sebab, Kemenpora sebelumnya menganggap Alfin belum mendapatka­n treatment operasi di RSCM Jakarta. ”Karena sudah dioperasi, mungkin perawatan selanjutny­a masih akan di sana,” terangnya.

Nah, RSON akan lebih banyak bertugas dalam proses rehabilita­si medis pascaopera­si terakhir nanti. ” Tetapi, sekali lagi, pada prinsipnya kami siap menjalanka­n perintah Menpora untuk membantu penyembuha­n Alfin,” tegasnya.

Peralatan modern yang dimiliki RSON saat ini juga sering dinikmati para atlet nasional dalam menjalani penyembuha­n. Beberapa kasus yang ditangani RSON juga membuktika­n memudahkan atlet untuk cepat pulih dari cedera yang dialami. (dik/nap/c14/c9/ko)

 ?? WAHYUDIN/ JAWA POS ?? TERHARU: Alfin Tuasalamon­y (pakai kruk) disemangat­i rekan-rekannya dalam Trofeo Charity Matches Minggu lalu (28/6).
WAHYUDIN/ JAWA POS TERHARU: Alfin Tuasalamon­y (pakai kruk) disemangat­i rekan-rekannya dalam Trofeo Charity Matches Minggu lalu (28/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia