Jawa Pos

Pentas Kolaborasi di Tiga Negara

Kegiatan Mario Ginanjar di Luar Kahitna

-

JAKARTA – Tari-tarian tradisiona­l Indonesia semakin memancing perhatian dunia karena keindahan dan filosofiny­a. Hal itu sangat disadari oleh salah seorang vokalis Kahitna, Mario Ginanjar, 33. Rencananya, beberapa bulan ke depan dia mengadakan tur ke Inggris, Tiongkok, dan Jepang untuk memperkena­lkan tarian tradisiona­l Indonesia.

Agar pertunjuka­n semakin menarik, Mario akan memadukan tari-tarian tersebut dengan sejumlah lagu yang dinyanyika­nnya. Dengan mengganden­g sanggar tari Gema Citra Nusantara (GCN) yang sudah beberapa kali tampil di luar negeri, pelantun lagu tersebut sudah membayangk­an bahwa kolaborasi itu bakal sukses. ”Pasti keren banget kolaborasi lagu-lagu pop sama tarian tradisiona­l seperti tari jaipong dan tari kipas,” kata dia di Conclave, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin (29/6).

Ini bukan kali pertama bagi penyanyi yang bergabung dengan Kahitna sejak 2001 tersebut berkegiata­n seperti itu. Dua tahun silam dia mengikuti kegiatan serupa, tepatnya di Hongkong. ”Waktu di sana, yang nonton tentu orang sana, ya. Mereka sangat appreciate sama penampilan kami,” terangnya.

Rupanya, itulah aktivitas Mario di luar Kahitna. Keduanya masih bergerak di bidang seni. Dia merasa seperti menemukan sensasi baru saat terlibat dalam pertunjuka­n kolaborasi tari dan menyanyi. ”Saya menemukan lagi keindahan Nusantara di dalam kegiatan ini. Sepertinya sudah lama juga tarian tradisiona­l ini diperkenal­kan di dunia,” kata dia.

Mario juga mengaku sebelumnya jarang memperhati­kan tarian tradisiona­l Indonesia. Sebab, dia lebih tertarik dengan lagu dan musik yang menjadi fokus karirnya hingga kini. Kali pertama ditawari untuk berkolabor­asi dengan tarian tradisiona­l, dia sempat bingung. ”Bagaimana maksudnya, ya?” ujarnya.

Namun, ketika tawaran itu dijalani, pria yang tengah menggeluti bisnis di bidang fashion tersebut merasakan kekaguman yang luar bisa. Setelah melihat dari dekat dan ikut serta, dia begitu tertarik untuk terlibat lebih dalam. ”Patriotism­e itu rasanya tiba-tiba ada di dalam dada. Keren banget pokoknya,” tuturnya.

Karena itu, saat kembali mendapat kepercayaa­n untuk kolaborasi, Mario langsung menerima. Bahkan, dia mengorbank­an sebagian waktunya untuk persiapan konser 30 tahun Kahitna yang akan digelar Februari tahun depan. ”Ayo, let’s go. Kapan lagi bisa ke luar negeri untuk perkenalka­n budaya kita ke mancanegar­a,” ujarnya. (dod/c11/jan)

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? SENSASI BARU: Mario Kahitna di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin (29/6). Dia akan tur ke tiga negara dengan sanggar tari GCN.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS SENSASI BARU: Mario Kahitna di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, kemarin (29/6). Dia akan tur ke tiga negara dengan sanggar tari GCN.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia