Jawa Pos

Serbakayu Itu Seksi dan Homey

-

ADA benang merah dari ruangan yang dibuat dengan konsep berbeda-beda di rumah Dewi. Selalu ada warna-warna kayu yang muncul dan bunga yang mempermani­snya. ’’Bagiku, serbakayu itu seksi. Unsur inilah yang membuat rumah jadi benar-benar homey,’’ jelas Dewi. Rumah tersebut memang menjadi rumah peristirah­atan bagi Dewi saat weekend. Warnawarna kayu yang menenangka­n sangat berpengaru­h.

Lagi pula, kayu tak pernah mati gaya saat ditempatka­n pada desain tata ruang yang dipilih Dewi. Lihat saja, dia bisa masuk dalam konsep bohemian yang punya warna-warna terang. Di kamar utama, set meja kursi di sudut ruangan tampak cantik bersanding di dinding hijau pupus. Saat dikombinas­i dengan gaya pop art, meja kursi kayu tak mengganggu warna-warna men- tereng cushion- nya. Pintu kayu berserat di setiap pintu membuat rumah itu semakin adem.

Uniknya, tak semua unsur kayu di rumah Dewi adalah kayu sungguhan. Di bilik shower, dinding bernuansa kayu di sana sebenarnya adalah beton yang diberi tekstur dan diwarnai mirip kayu. ’’Kalau kayu asli, otomatis lembap, kan. Juga tidak bertahan lama. Kita ambil nuansanya aja, bisa diakali dengan beton,’’ kata Dewi memberi tip.

Hal itu ternyata juga sama dilakukan pada lantai di ruang bersantai. Lantai tersebut diberi guratan dan warna khas kayu, lengkap dengan aksen paku di setiap ujungnya. Ruangan ini tidak bisa diberi lantai kayu asli karena Dewi harus menyirami tanamannya. ’’Kalau dari beton, kan enak. Kalau basah, sekalian dipel,’’ jelasnya. (puz/c23/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia