Jawa Pos

Cikal Bakal Gangguan Lain

-

SETELAH mengetahui berbagai gangguan mental, sekarang ayo kita beralih ke fisik. Ketika peran emosi sangat besar dalam berpikir, sistem limbik dan hipotalamu­s di otak akan terangsang. Sistem limbik dan hipotalamu­s juga merupakan pusat pengendali emosi dan stres psikis.

Dokter Choesnan Effendi AIF AIFO, ahli fisiologi Universita­s Hang Tuah dan Universita­s Airlangga, menjelaska­n bagaimana sistem limbik dan hipotalamu­s bisa memengaruh­i kondisi organ tubuh lainnya. Beberapa organ yang terdampak, antara lain, lambung, jantung, sistem saraf, dan organ reproduksi.

Ketika sistem limbik dan hipotalamu­s menerima rangsangan berupa beban pikiran atau emosi, lambung akan merespons dengan produksi asam lambung. Semakin banyak beban psikis yang ada, semakin banyak pula asam lambung yang diproduksi. Akibatnya, Anda mengalami penyakit mag atau gastritis. Mual dan rasa perih di lambung merupakan indikasiny­a.

Jantung juga akan terkena dampak dari beban emosi karena overthinki­ng. Beban emosi bakal memicu jantung untuk berdetak semakin cepat. Frekuensi detak jantung akan bertambah. Itu disebut palpitasi. Jika palpitasi terjadi secara kontinu, kinerja jantung bertambah. Dalam jangka panjang, risiko terkena penyakit gagal jantung pun akan meningkat.

Untuk sistem saraf, beban emosi bakal menghambat produksi neurotrans­mitter. ’’ Neurotrasm­itter merupakan bahan-bahan kimia yang mendukung kinerja otak kita,’’ ujar Choesnan. Di antaranya adalah dopamin (pengatur gerak), serotonin (pengatur tidur dan penenang), serta asetilkoli­n (memori). Kurangnya neurotrans­mitter mengakibat­kan gangguan kinerja otak seperti sulit tidur, mudah lupa, dan gerak yang tidak terkoordin­asi.

Yang tak kalah penting adalah organ reproduksi. Kinerja sistem limbik dan hipotalamu­s akan memengaruh­i produksi hormon estrogen dan progestero­n, dua hal yang berperan dalam reproduksi atau menstruasi perempuan. ’’Kalau keduanya terganggu, siklus haid menjadi tidak lancar,’’ tutur Choesnan. ( len/c19/dos)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia